Recorded Role Play Presentation Technique Tingkatkan Keterampilan Berbicara

spot_img

RADARSEMARANG.ID,  Di era digital semua  dituntut serbacepat. Internet seakan menjadi kebutuhan primer bagi anak zaman now. Demikian juga saat proses pembelajaran menggunakan internet atau teknologi  digital  siswa  menjadi sangat antusias.

Kondisi ini dapat dikemas untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa  Inggris yang masih rendah. Bahasa Inggris memegang peranan sangat penting  sebagai alat komunikasi  internasional baik  langsung maupun tidak langsung  dalam hubungan sosial  serta dalam kehidupan sehari hari. Maka, perlu diterapkan teknik pembelajaran kreatif dan inovatif  yang sesuai dengan keinginan siswa dan tuntutan zaman.         Menurut Suranto (2018:104)  bermain peran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih menggali dan memahami orang lain melalui akting  dengan tugas masing masing untuk memecahkan masalah sosial nyata yang dihadapi oleh kelompoknya, serta akan berdampak pada pemahaman nilai-nilai sosial atau pribadi dan dapat melatih rasa saling menghargai, kerja keras, dan sifat demokratis.

Model pembelajaran ini diadopsi dan diterapkan dalam  pembelajaran  procedure text  siswa kelas IX SMPN 2 Temanggung melalui  recorded role play presentation technique sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan, minat dan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa  meningkat.

Baca juga:   Pembelajaran Label Asyik melalui Media Realia

Siswa diberi kesempatan mengembangkan potensi dirinya untuk praktik berbicara secara nyata. Dengan langkah langkah pembelajaran sebagai berikut: guru memberikan contoh video tentang procedure text dan siswa mengamati. Siswa mengajukan pertanyaan tentang  procedure text  dan guru menjawab serta menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan procedure text.  Siswa mencoba membuat teks prosedur tentang cara membuat atau menggunakan sesuatu sesuai dengan undian  yang didapat dengan bimbingan guru.

Siswa bersama kelompoknya mempraktikan prosedur membuat atau menggunakan sesuatu dan membuat video di rumah  sebagai tugas terstruktur. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta siswa lebih kreatif dan inovatif dan percaya diri.  Siswa mempresentasikan  video hasil rekamannya di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan bersama.           Melalui recorded role play presentation technique  mendorong siswa  berani menuangkan ide  kreatif,  inovatif dan lebih percaya diri saat praktik berbicara dengan membuat atau mengoperasikan sesuatu.

Mendorong siswa lebih bersemangat dalam belajar dan kerja kelompok  untuk menumbuhkan karakter kerja sama saling membantu dalam menghadapi kesulitan. Mengasah keterampilan berbicara melalui praktik membuat atau mengoperasikan sesuatu secara langsung dan belajar dalam kehidupan nyata untuk membekali keterampilan hidup yang akan mereka hadapi dalam kehidupan sehari hari.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Perencanaan Bisnis dengan Model Demonstrasi dan Presentasi

Dengan mengalami situasi kehidupan nyata siswa akan lebih memahami apa yang sedang siswa lakukan. Dan tentu akan menjadi pengalaman dalam hidupnya yang tidak mudah terlupakan sehingga proses pembelajaran akan membekas dihati siswa.

Dengan demikian proses pembelajaran melalui recorded role play presentation technique  pada pembelajaran procedure text  menjadi lebih menyenangkan. Siswa menjadi lebih kreatif,  inovatif, senang bekerja sama dengan kelompoknya. Saling membantu dengan  kelompok yang berbeda dalam pelaksanaan perekaman. Berpikir kritis ketika memberi pertanyaan atau tanggapan kepada kelompok lain yang sedang presentasi  sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. (smd1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Temanggung

Populer

Lainnya