Asik Belajar Text Recount melalui Aplikasi Photostory

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PHOTOSTORY merupakan  aplikasi kekinian yang digandrungi oleh remaja gila selfi. Mereka akan mengambil setiap momen dimanapun mereka singgah. Apalagi pada tempat-tempat yang dianggap sedang hits dikotanya. Galeri photo penuh sesak dengan gambar-gambar yang menjadi kenangan pada waktu akan datang.

Pada pelajaran Bahasa Inggris kebiasaan siswa selfi ini dianggap sebuah hal menarik yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran dalam materi recount text dengan memanfaatkan aplikasi photostory yang ada pada telepon genggam para siswa. Seperti yang diterapkan di SMPN 5 Batang.

Recount Text adalah salah satu materi dalam pelajaran Bahasa Inggris yang perlu trik menarik untuk lebih mudah dipelajari siswa. Belajar Recount Text melalui aplikasi photostory adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya serap siswa dalam memahami materi ini.

Recount text menceritakan tentang pengalaman seseorang. Siswa dapat melihat sebuah kejadian yang telah dilalui melalui poto-poto yang terdapat pada galeri photostory mereka masing-masing. Dari poto yang ada siswa menyimpulkan rangkaian peristiwa kronologis dalam film tersebut dan membuat sinopsis menggunakan bahasa inggris. Struktur umum dari recount text yang pertama adalah orientasi, yaitu menceritakan mengenai latar belakang informasi tentang siapa, dimana, kapan suatu kejadian atau peristiwa terjadi. Kedua adalah even yaitu menceritakan serangkaian peristiwa terjadi sesuai urutan kronologis, dan ketiga adalah reorientasi yang merupakan penutup atau kesimpulan cerita, dapat pula berupa opini mengenai cerita tersebut.

Baca juga:   PBL Mempermudah Menentukan Luas Permukaan Prisma

Penilaian dilakukan guru melalui presentasi di depan kelas. Guru memberi masukan dan bimbingan bagi siswa yang belum menyelesaikan tugas sesuai prosedur dan memberi reward bagi siswa yang dapat menayangkan hasil recount text terbaiknya.

Belajar recount text melalui photostory ini secara signifikan akan meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali cerita yang pernah dialami. Dengan presentasi di depan kelas juga menumbuhkan kepercayaan diri siswa dan membantu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Materi recount text melalui photostory juga memberi hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari karena dalam pembelajaran ini siswa belajar dari pengalaman siswa lain yang berkesan dan syarat makna.

Foto yang dipilih hendaknya rangkaian poto yang memiliki arti atau pengalaman berharga dan menarik dalam hidup. Sehingga menjadi sumber inspirasi bagi orang lain yang mendengar dan melihat cerita dari poto tersebut.

Penggunaan aplikasi photostory diharapkan mampu meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris terutama dalam memahami materi Recount Text. Dari metode ini siswa juga mampu menerapkan karakter positif yang bisa diadopsi dari pengalaman masa lalu yang dialami oleh teman mereka dalam satu kelas. Budaya selfi bukan hanya sebagai ajang gengsi tapi dapat menambah peran dalam bidang keilmuan seperti yang diterapkan dalam pelajaran Bahasa Inggris. (mat1/zal)

Baca juga:   Asyiknya Belajar Bahaya NAPZA dengan Metode Example Non Example

 

Guru Bahasa Inggris SMPN 5 Batang

Populer

Lainnya