Memahami Wacana Sederhana Bahasa Inggris Mudah dengan Q3R

spot_img

RADARSEMARANG.ID,  Umumnya siswa beranggapan bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit. Banyak kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Berbagai kendala muncul dari banyak hal.

Untuk membantu para siswa kelas IX dalam mengatasi kesulitan dalam belajar bahasa Inggris di SMP N 2 Weleri, penulis melakukan perbaikan melalui salah satu cara dengan memilih metode Q3R (Question, Reading, Recite, Review) dalam pembelajaran membaca.

Kegiatan belajar siswa akan efektif apabila ditunjang dengan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa.Pemilihan metode dan media dalam pembelajaran disesuaikan dengan materi, situasi, kondisi, lingkungan dan kemampuan anak. Maka penulis memilih metode (Q3R) untuk memahami suatu wacana.

Metode belajar Q3R menurut The liang Gie (1998:68) adalah metode membaca yang disarankan pertama kali oleh Prof. Francis P.Robinson dari Ohio State University di Amerika Serikat yang mempunyai arti question (pertanyaan), read (membaca), recite (meringkas), review (mengulang).

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran membaca bahasa Inggris dalam metode ini adalah guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan.

Baca juga:   Mudah Belajar Procedure Text melalui LSWAQ

Siswa mempraktikkan membaca dengan metode Q3R. Pertama menyelidiki tiap teks, pembagian paragraf, juga judul bacaan lalu question (menayakan) dalam hal ini siswa hendaknya mengubah judul yang pertama itu menjadi pertanyaan yang akan mengundang rasa ingin tahu dan dapat meningkatkan pemahaman.Dari pertanyaan yang telah disusun siswa mencari jawabannya dalam bacaan. Read (membaca) bertujuan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah disusun sehingga siswa tidak pasif tetapi aktif untuk memahami isi bacaan untuk mendapatkan yang belum diketahui sehingga pertanyaan yang timbul sebelumnya dapat terjawab.

Recite (meringkas) siswa membuat ringkasan yang merupakan inti dari bacaan dapat diulang beberapa kali sehingga dapat memahami isi bacaan dan dapat menemukan pertanyaan dari ringkasan yang telah disusun.

Review (mengulang) membaca ulang catatan-catatan atau ringkasan yang telah dipelajari untuk memperoleh pandangan menyeluruh terhadap bacaan juga untuk mengingatkan isi dari beberapa sub butir yang berkaitan dalam bacaan.

Metode Q3R ternyata dapat membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris di SMP N 2 Weleri dan dapat meningkatkan minat baca siswa, menjadikan siswa lebih memahami materi bacaan, mampu meningkatkan pemahaman terhadap  bacaan dengan cepat dan tepat. Meningkatkan keterampilan membaca juga dapat menarik perhatian peserta didik kususnya dalam membaca memahami  teks (reading). (ikd1/lis)

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive dengan Playing Card

 

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Weleri, Kendal

Populer

Lainnya