Pembelajaran Matematika Menggunakan QR Code

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tugas, Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester , Penilaian Akhir Semester merupakan salah satu syarat wajib yang harus di ikuti dan harus di laksanakan oleh peserta didik agar peserta didik mendapatkan nilai pada suatu pembelajaran formal. Adapun cara pelaksanaan antara satu sekolah dengan sekolah yang lain pastilah berbeda . Ada yang tes menggunakan lembar soal dan jawaban di kertas atau lewat online.

Zaman now untuk menghemat pemakaian kertas, penulis berinovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan paperless atau meminimalkan penggunaan kertas. Tak terkecuali saat ulangan harian, penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester mata pelajaran matematika yang penulis ampu.

Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan QR Codeadalah sebegai berikut: Pertama guru menyelesaikan kompetensi dasar yang diajarkan, kedua setelah pembelajaran tiap KD selesai guru melaksanakan Ulangan harian . Nah pada ulangan harian ini guru membuat soal dengan menggunakan fitur Forms yang ada pada office 365, guru memilih quiz lalu mengetikkan judul KD yang digunakan untuk ulangan harian. Nah pada ulangan harian ini, guru membuat soal dengan menggunakan fitur forms yang ada pada office 365. Guru memilih quiz lalu mengetikkan judul KD yang digunakan untuk ulangan harian. Misalnya pada matematika Judulnya Aritmetika Sosial. Guru memilih jenis soal yang akan diberikan kepada siswanya, apakah berbentuk pilihan ganda ataukah uraian .

Baca juga:   Asyiknya Mengenal Sekolah Baru Lewat MPLS Daring

Didalam mengetikkan soal di sini penulis memilih pilihan ganda , kunci jawaban bisa kita letakkan di samping kanan option, sedangkan point/nilai setiap soal bisa kita tuliskan di bawah setiap nomor soal. Setelah selesai mengetik soal beserta perlengkapannya bisa kita share soal tersebut ke siswa dengan cara memberikan barcode ataupun link soalnya. Pada pemberian barcode siswa bisa langsung memfoto barcode tersebut dengan menggunakan aplikasi QR Barcode. Setiap siswa SMPN 12 Semarang selesai memfoto akan tampak link , Link tersebut yang akan di gunakan untuk menjawab pertanyaan yang di buat oleh guru. Dan yang lebih asyik lagi soal yang di dapat oleh setiap siswa sudah ngacak dengan sendirinya, baik soal maupun option sudah ngacak secara otomatis.

Jadi guru tidak perlu menuliskan soal atau memberikan foto copy soal kepada siswa. Hal ini akan meminimalkan penggunaan kertas dan meminimalkan kecurangan siswa. Matematika sangat pas sekali menggunakan QR Barcode , karena dalam menyelesaikan pertanyaannya banyak yang membutuhkan berhitung maka kecenderungan siswa untuk membuka google sangat sangat tidak mungkin.
Setelah siswa selesai mengerjakan soal siswa mengeklik kirim jawaban , setelah kirim jawaban ini dilakukan maka siswa bisa melihat jawaban mereka yang benar dan yang salah, yang seharusnya benar yang mana , karena kunci soal sudah di munculkan. Tidak ada lagi yang membuat penulis gembira selain melihat siswa mendiskusikan jawaban mereka, dan mendiskusikan point yang mereka dapatkan.

Baca juga:   Desain Media Pembelajaran Berbasis Video Daring untuk Keterampilan Berbicara

Alangkah bagainya hati ini melihat siswa saling menerangkan cara penyelesaiannya masing-masing. Tidak sampai di sini rasa gembira penulis juga bisa langsung melihat nilai anak secara keseluruhan dan bisa melihat analisis dari soal yang penulis berikan. Jadi tidak perlu waktu tersendiri untuk bisa mengetahui hasil analisis soal yang penulis berikan kepada siswa.(gpl2/aro)

SMP Negeri 12 Semarang

Populer

Lainnya