Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Hidup

spot_img

RADARSEMARANG.COM – PADA dasarnya manusia diciptakan oleh Allah SWT telah dibekali dengan tiga kecerdasan yang merupakan tanda kesempurnaan dalam ciptaan-Nya. Namun hal itu tidak pernah disadari oleh banyak  manusia, di mana dalam mengadapi pokok persoalan ini hanya mengandalkan logika saja. Dalam hal ini penulis ingin mengupas sedikit tentang pentingnya kecerdasan spiritual dalam hidup manusia.

Ada tiga kecerdasan dalam hidup manusia. Pertama, IQ adalah kecerdasan intelektual yang berfungsi untuk mengatasi  segala tantangan dan tuntutan kemajuan zaman. Kecerdasan intelektual ini akan membawa manusia dapat memecahkan masalah, mencari solusi, dan bagaimana mendapatkan materi yang diperlukan dalam hidupnya.

Kedua, EQ adalah kecerdasan emosional yang berfungsi untuk pengendalian emosi dalam menghadapi kehidupan ini. Seseorang yang dapat mengendalikan emosinya, maka seseorang itu dapat merasakan kebahagiaan dan kesuksesan  yang menjadi dambaan setiap manusia. Kecerdasan emosional ini akan menjadikan manusia menjadi sabar, tenang, tidak mudah terpengaruh pada hal-hal yang baru.

Ketiga, SQ adalah kecerdasan spiritual, kecerdasan batin dari pikiran dan jiwa untuk menjadi manusia seutuhnya, sehingga akan membawa manusia kebijaksanaan dalam memaknai hidup.

Baca juga:   Memilih Aplikasi Pertemuan Online

Yang akan penulis bahas di sini adalah tentang pentingnya kecerdasan spiritual dalam hidup. Pada dasarnya setiap manusia hidup pasti mengharapkan kebagian yang sejati. Karena itu merupakan tujuan hidup manusia. Buat apa punya jabatan tinggi bila hidupnya tidak bahagia. Untuk apa banyak kekayaan, tapi tidak bisa merasakan kebahagiaan. Maka di sini manusia itu mempunyai kecerdasan spiritual yang terasah, karena tanpa adanya kecerdasan  spiritual, maka manusia tidak akan menemukan makna sejati dalam hidupnya.

Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan manusia dibekali dengan kecerdasan spiritual ini sejak manusia dalam kandungan dan kemudian lahirlah manusia ke dunia dengan segala kesempurnaan yang ada padanya.  Maka dalam perjalanan selama hidupnya ini apakah manusia mau mengasah kecerdasan spiritualnya atau tidak. Kecerdasan spiritual ternyata merupakan kecerdasan yang paling tinggi bila dibandingkan dengan  kecerdasan yang lainnya.

Insya’Allah apabila manusia itu mempunyai kecerdasan spiritual, maka dalam menghadapi segala persoalan hidup akan jauh lebih tenang, sabar, syukur, tawakkal dan qonaah serta selalu berpositif thinking kepada Allah SWT terhadap apa yang menjadi kodratnya dalam hidup.

Baca juga:   Mengenal ASEAN dengan Pembelajaran Make a Match

Beberapa manfaat bagi manusia yang memiliki kecerdasan spiritual dalam hidup, di antaranya, dapat  berpikir secara kompleks terhadap hal-hal yang ada, selalu berpositif thinking, berpikir secara tenang dalam menghadapi permasalahan yang terjadi, dan lebih bersikap bijaksana. Selain itu, dapat juga membuka wawasan dan motivasi, tidak mudah putus asa dalam menjalani hidup yang dihadapi dengan banyaknya masalah, bertoleransi, adil, jujur dan penyayang. Banyaknya karunia yang diberikan oleh Allah SWT kadang menjadikan manusia menjadi lupa untuk bersyukur. Di sinilah  kecerdasan spiritual dapat meningkatkan keseimbangan hidup dalam mewujudkan kebahagiaan dan kesuksesan untuk mencapai tujuan hidup dan memaknai hidup. Maka hidup yang diperoleh adalah terbebasnya rohani, batin, dan jiwa dari godaan nafsu keserakahan, lingkungan yang penuh dengan persaingan, serta banyaknya konflik yang akan membawa pada kerusakan dan kehancuran bagi manusia. (kpig1/aro)

Guru MTs Attaqwa Bandar, Batang.

Populer

Lainnya