Mengenalkan Nilai Budaya pada Peserta didik Melalui Materi Cerpen

spot_img

RADARSEMARANG.COM – MATERI cerita pendek (cerpen) merupakan salah satu materi yang ada dalam pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMK. Melalui materi cerpen, kita dapat menganalisis dari unsur intrinsik maupun ekstrinsiknya. Salah satu unsur ekstrinsik dalam cerpen adalah nilai budaya. Sehingga secara tidak langsung, kita dapat mengenalkan nilai-nilai budaya yang ada di lingkungan kita.

Nilai budaya dapat dijadikan sebagai acuan tingkah laku sebagian besar anggota masyarakat. Nilai budaya bersifat langgeng, tidak mudah berubah atau tergantikan dengan nilai budaya yang lain. Tiap bagian bangsa Indonesia—seperti suku, misalnya, memiliki nilai budaya yang menjadi pedoman tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai-nilai itu misalnya, gotong royong, musyawarah, kesenian, upacara religi, upacara perkawinan, dan sebagainya.

Seiring berjalannya waktu yang semakin modern, kalangan pemuda— khususnya peserta didik— banyak yang beranggapan jika tidak mengikuti perkembangan zaman, maka dikatakan ketinggalan zaman. Padahal, perkembangan zaman yang modern, belum tentu dapat membuat kita dapat berpikir secara modern pula. Salah Satu cara mengenalkan nilai-nilai budaya pada kalangan pelajar adalah melalui materi cerpen. Cerpen sebagai salah satu bagian dari sastra, jika kita telusuri lebih lanjut, sangat tepat sebagai alat untuk mengenalkan nilai-nilai budaya.

Baca juga:   Alat Peraga Bangun Ruang Sisi Datar Meningkatkan Hasil Belajar

Cerpen yang mengandung nilai-nilai budaya, dapat dijadikan senjata yang ampuh untuk peserta didik untuk mengenalkan lebih lanjut nilai-nilai budaya di kalangan pelajar. Pemilihan tema yang tepat dalam cerpen, akan membuat peserta didik lebih mudah untuk menangkap informasi yang akan disampaikan dalam materi pelajaran. Jika materi cerpen yang dipilih menarik, akan memudahkan peserta didik menangkap pesan yang ingin disampaikan lewat cerpen yang dibaca.

Dengan membaca cerpen, berarti peserta didik membaca kisah orang lain. Dari kegiatan membaca cerpen, peserta didik juga dapat mengambil pelajaran-pelajaran tentang kehidupan yang dapat dimanfaatkan. Sehingga peserta didik akan tergugah untuk melakukan sesuatu hal yang lebih baik.

Langkah yang dapat dilakukan agar peserta didik tertarik, ada pada isi cerpen. Misalnya, memilih tema cerita pendek yang menarik perhatian siswa. Setelah pemilihan tema, peserta didik diberi kesempatan untuk membaca. Juga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengungkapkan secara lisan isi informasi pada cerpen. Selanjutnya, peserta didik yang lain, diberi kesempatan untuk menanggapi presentasi yang dilakukan temannya.

Baca juga:   Termokimia Efektif Dipahami dengan Schoology Berbantuan Video

Dalam konteks ini, guru dapat menambahkan informasi yang masih kurang atas presentasi yang dilakukan peserta didik. Langkah sederhana ini dapat membantu siswa untuk memahami nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerpen. Melalui cerpen, peserta didik dapat mengambil hikmah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (*/isk)

Guru SMK Negeri 1 Salam Magelang

Populer

Lainnya