TIK vs BTIK dalam Kurikulum Pendidikan

spot_img

RADARSEMARANG.COM, PADA kurikulum 2013 kita ketahui bersama bahwa mata pelajaran TIK  diganti menjadi BTIK (Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi). BTIK sifatnya adalah bimbingan tambahan dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu komputer dan internet. Karena sifatnya seagai bimbingan tambahan maka BTIK tidak diujikan. Sesuai dengan peraturan  menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia Nomor 68 tahun 2014 tentang peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam implementasi kurikulum 2013.

Yang selanjutnya diperbaharui dengan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2015, yakni guru TIK berperan untuk 1) membimbing peserta didik pada SMP/MTS, SMA/MA, dan SMA/MAK atau yang sederajat, 2) memfasilitasi sesama guru pada SMP/MTS, SMA/MA, dan SMA/MAK atau yang sederajat, 3) memfasilitasi tenaga kependidikan pada SMP/MTS, SMA/MA, dan SMA/MAK atau yang sederajat. Belum semua sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 telah melaksanakan BTIK sebagai bimbingan tambahan. BTIK dilaksanakan selama 1 jam pelajaran di dalam kelas, selebihnya bersifat bimbingan. Dengan diberlakukannya BTIK pada kurikulum 2013 maka peserta didik diasumsikan telah mampu menggunakan komputer sebagai sarana teknologi informasi dan komunikasi.

Pada kenyataannya di sekolah menengah tingkat pertama masih ditemukan peserta didik yang sama sekali belum mengenal komputer sebagai salah satu sarana teknologi dalam mencari informasi dan berkomunikasi. Hal itu dikarenakan tidak semua peserta didik memiliki komputer di rumah. Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi peserta didik khususnya pada sekolah menengah tingkat pertama terbatas pada penggunaan alat komunikasi telepon pintar berbasis android. Penguasaan peserta didik pada alat komunikasi telepon pintar sebatas berkomunikasi melalui media sosial, dan bermain. Sangat sedikit sekali yang mampu menggunakan alat komunikasi telepon pintar untuk mencari informasi mengenai pelajaran yang mereka butuhkan.

Baca juga:   Tumbuhkan Motivasi Belajar dengan Outing Class

Alangkah baiknya BTIK dikembalikan menjadi mapel TIK pada kurikulum 2013, karena TIK bukan sebagai bimbingan namun sebagai mata pelajaran. Harapannya peserta didik mampu menguasai komputer sebagai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan pembelajarannya. TIK sebagai mata pelajaran dianggap penting karena; Pertama,  tidak semua peserta didik memiliki fasilitas pribadi seperti PC atau laptop di rumah sehingga dapat mempelajari sendiri. Kedua, penguasaan peserta didik dalam menggunakan komputer sebagai teknologi informasi dan komunikasi yang masih minim. Ketiga, adanya tugas dari mata pelajaran lain yang menuntut penguasaan peserta didik dalam menggunakan komputer untuk membuat laporan atau presentasi.

Tidak menutup kemungkinan bahwa ada peserta didik yang telah mendapatkan pelajaran komputer pada tingkat sekolah dasar dan mungkin sudah memiliki komputer di rumah. Tapi tidak menutup kemungkinan pula ada peserta didik yang belum menguasai bahkan belum memiliki komputer. Bagaimana mereka mampu menguasai penggunaan komputer sebagai media untuk mencari informasi dan berkomunikasi bila tidak diajarkan tapi hanya dibimbing. Belajar adalah sebuah proses perubahan tingkah laku akibat dari suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan bimbingan, bimbingan merupakan proses pemberian bantuan. TIK sebagai mata pelajaran memberikan pegetahuan dan perubahan tingkah laku pada peserta didik yang semula tidak mampu menggunakan komputer menjadi mampu menggunakannya sesuai kebutuhan peserta didik. Sedangkan BTIK bertujuan untuk membimbing peserta didik agar mengerti tentang teknologi informasi dan komunikasi. Cukupkah pendidikan hanya memberikan pengertian atau pemahaman tentang pentingnya teknologi informasi dan komunikasi pada peserta didik atau memberikan perubahan tingkah laku pada peserta didik dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. (igi1/aro)

Baca juga:   Asyik Belajar Bulan dan Matahari dengan Discovery Learning

SMP Negeri 3 Salatiga

Populer

Lainnya