Bimbingan Kelompok, Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

spot_img

RADARSEMARANG.COM – PENGALAMAN Kenyamanan diri siswa dalam belajar di sekolah dipengaruhi dari keadaan di sekolah,   masyarakat, dan keluarga. Keadaan yang muncul dari dalam diri sendiri. siswa yang merasa kurang motivasi dalam belajar, cenderung berdampak pada nilai  ujian pada setiap semester  menurun.

Tindakan layanan bimbingan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam menghadapi ulangan mata pelajaran, maka diperlukan bentuk layanan bimbingan dan konseling yang tepat, efektif dan efisien, salah satu bentuk layanan yang dianggap sesuai yaitu bentuk layanan bimbingan kelompok.

Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan yang dilaksanakan di dalam suasana kelompok. Pada pelaksanaan bimbingan kelompok ada konselor, yaitu pembimbing, dan anggota kelompok yaitu klien (yang jumlahnya lebih dari satu orang), terjadi hubungan konseling dalam suasana hangat, terbuka, permisif, dan penuh keakraban. Adanya pengungkapan dan pemahaman masalah klien, penelusuran sebab-sebab timbulnya masalah (jika perlu dengan menerapkan metode-metode khusus), kegiatan evaluasi dan tindak lanjut.

Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan hal-hal yang menganggu atau menghimpit perasaan dapat diungkapkan, diringankan melalui berbagai cara, pikiran yang buntu atau beku dicairkan dan didinamikkan melalui masukkan dan tanggapan baru, persepsi yang menyimpang atau sempit diluruskan dan diperluas melalui pencairan pikiran, sikap yang tidak efektif kalau perlu diganti dengan yang baru yang lebih efektif. Melalui kondisi dan proses berperasaan, berpikir, berpersepsi dan berwawasan terarah, luwes dan luas serta dinamis kemampuan berkomunikasi, bersosialiasi dan bersikap dapat dikembangkan. Selain tujuan tersebut yaitu untuk mengentaskan masalah klien dengan memanfaatkan dinamika kelompok.

Baca juga:   Ayo Jadi Guru Kreatif!

McDonald (dalam Wasti Sumanto, 1998 : 203) memberikan sebuah definisi tentang motivasi belajar sebagai suatu perubahan tenaga di dalam diri/pribadi seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi dalam usaha mencapai tujuan belajar.

Cara meningkatkan motivasi belajar ada 5 cara, sebagai berikut. Pertama, bergaulah dengan orang-orang yang senang belajar. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kitapun gemar belajar.

Kedua, belajar apapun. Maksudnya adalah belajar secara formal dan nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, belajar berwirausaha, dan lain-lain sebagainya.

Ketiga, Belajar dari internet. Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Banyak cara untuk belajar dari internet misalnya dengan mengikuti milis. Milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri.

Keempat, bergaulah dengan orang-orang yang optimistis dan selalu berpikiran positif. Ada orang yang selalu terlihat optimistis meski mempunyai banyak masalah. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimistis jikasering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu dan sebaliknya.

Baca juga:   Peningkatan Kecakapan Akademik Matematika dengan Reciprocal Teaching

Kelima, cari motivator. Kadang-kadang, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi anda belajar dan meraih prestasi.

Dengan demikian adaupaya meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (tj3/bas)

 Guru BK SMP Negeri 2 Gunungwungkal Pati

Populer

Lainnya