Media Berbasis TIK, Wujudkan Kreativitas Guru

spot_img

TEKNOLOGI informasi (TI) merupakan hal yang berhubungan dengan proses, alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi yang akan disampaikan ke pembaca. Teknologi informasi digunakan untuk mencari bahan-bahan yang diperlukan dalam melengkapi informasi yang dibutuhkan. Informasi tersebut dapat digunakan dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran di kelas. Hal tersebut dimaksudkan agar dalam pembelajaran dapat berkualitas. Penggunaan teknologi informasi dapat digunakan sebagai sumber belajar. Media pembelajaran dengan menggunakan media ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Teknologi informasi mempunyai banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain peserta didik sebagai pengguna dapat terbantu dalam pembelajaran. Peserta didik dapat mencari tambahan materi pembelajaran dengan menggunakan teknologi ini. Peserta didik dengan mengetik kata kunci yang diperlukan. Teknologi informasi otomatis mencari informasi yang dibutuhkan. Contohnya, penyusunan kata, membuat grafis, membuat database, dan membuat administrasi. Selain itu, teknologi informasi dipelajari peserta didik agar mengetahui perkembangan teknologi dunia.

Dapat pula beragam aplikasi dan software berbasis IT diunduh guru. Lalu guru bisa mencoba-coba untuk merekayasa dan memodifikasi, sehingga menjadi media yang interaktif. Media hasil kreativitas guru menjadi daya tarik siswa di kelas. Karena akan ada apresiasi dari siswa, termasuk dari rekan kerja.

Selanjutnya guru perlu yakin bahwa media yang dibuat akan lebih efektif untuk pembelajaran. Memang, dibutuhkan waktu yang cukup untuk mampu memproduksi media berbasis IT. Dengan manajemen waktu yang baik, maka guru bisa membuat media minimal 1 kompetensi dasar (KD).

Baca juga:   Memaknai Pendidikan Model “Lukman”

Teknologi informasi mempermudah dalam penyampaian informasi. Teknologi informasi bisa dengan internet di komputer dan smartphone. Informasi dengan mudahnya diperolah dalam genggaman. Teknologi informasi dapat juga sebagai fasilitator dalam penyampaian informasi. Informasi mudah diterima dalam waktu yang cepat.

Tak bisa dipungkiri dalam proses belajar-mengajar, guru membutuhkan alat penunjang atau media dalam usahanya untuk mengajarkan materi tertentu kepada siswanya. Media pembelajaran diharapkan mampu membuat siswa menjadi jelas akan konsep materi pelajaran. Selain itu, media pembelajaran dapat mempermudah pemahaman terhadap salah satu materi. Media pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan tujuan, materi pelajaran, strategi mengajar, kondisi dan harus menarik perhatian siswa.

Berbagai teknologi yang berbasis teknologi informasi dapat menarik antusias siswa di era globalisasi saat ini. Para pendidik dapat mempertimbangkan dalam pembuatan media ajar berbasis teknologi informasi. Media pembelajaran tersebut diharapkan mudah untuk digunakan dan mampu menarik perhatian siswa.Tujuan pembelajaran mampu dicapai apabila siswa dapat memahami materi yang disampaikan.

Perancangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi memang memerlukan keahlian khusus. Di mana guru diharapkan mampu menguasai program khusus yang digunakan untuk membuat media pembelajaran. Saat ini sudah mulai merebak pelatihan – pelatihan yang mengajarkan berbagai macam program yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh instansi sekolah maupun instansi dalam bidang pendidikan. Hal tersebut diadakan untuk menambah keterampilan pendidik dalam mengolah materi. Materi dengan basis teknologi informasi dapat menarik perhatian peserta didik.

Baca juga:   Tumbuhkan Motivasi Belajar dengan Outing Class

Sebagai seorang guru di era ini, sudah sewajarnya peka terhadap perubahan situasi dan menyadari bahwa guru saat ini bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Guru sebaiknya melakukan perubahan dan inovasi dalam pembelajaran. Hal tersebut diharapkan mampu menjawab kebutuhan kualitas guru di era ini. Inovasi dan perubahan selain dilakukan untuk kepentingan siswa, sehingga para siswa merasa senang dengan pelajaran yang mereka ikuti. Keuntungan yang lain bisa diambil oleh guru adalah menambah pengetahuan dan kreativitas untuk lebih mematangkan pengalaman. Teknologi informasi juga dapat meringankan kejenuhan ketika proses mengajar di kelas. Karena itu, apakah guru masih takut buat bahan ajar berbasis Teknologi Informasi (TI)? (*/aro)

Guru SMA Negeri 15 Semarang

Populer

Lainnya