Sinergitas Guru dengan Siswa dalam Proses Pendidikan

spot_img

DALAM proses pendidikan, hal yang sering terjadi adalah adanya kesenjangan guru dan siswa, di mana siswa merasa bahwa guru adalah sosok dengan tampilan yang menakutkan, sosok yang paling pintar dan paling cerdas. Hal ini dapat membawa dampak negatif bagi siswa, di antaranya siswa enggan menghadapi guru yang tidak menarik serta pelajaran tidak dapat diserap maksimal oleh siswa.

Menurut Undang- Undang Ssitem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa supaya siswa dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif, supaya memiliki pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian serta akhlak mulia.

Dalam menciptakan suasana belajar dan proses belajar yang ideal dibutuhkan suatu bentuk kerja sama yang harmonis. Peran guru dan siswa menjadi hal yang sangat penting dalam aktivitas pendidikan. Guru adalah orang yang memberikan pengetahuan kepada siswa, sementara siswa adalah orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.

Dalam pembelajaran yang selama ini terjadi, guru lebih bertindak sebagai eksekutor atau pengambil keputusan utama dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini tentunya menjadi sebuah proses yang dilakukan dalam satu arah. Padahal keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan dari seberapa jauh guru mampu mengelimininasi atau menyelesaikan problem pembelajaran.

Baca juga:   Rahasia Sukses Belajar Bahasa Inggris

Komunikasi yang baik antara guru dan siswa harus berjalan lancar, terutama dalam penyampaian materi pembelajaran, seorang guru harus mampu menguasai materi dan mengetahui secara tepat, kapan dan bagaimana menggunakan metode pembelajaran, serta memiliki kemampuan memilih dan menggunakan sarana pembelajaran. Terkadang guru juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif demi terciptanya suasana belajar yang kondusif.

Sinergitas adalah sebuah bentuk kegiatan atau hubungan kerja sama antara pihak dengan pihak lain untuk mendapat capaian hasil yang lebih baik dan lebih besar. Banyak hal yang dihasilkan dari kita bersinergi, di antaranya terciptanya saling menghargai dan proses pembelajaran antara guru dengan siswa menjadi lebih maksimal dan efisien. Dalam konteks kegiatan belajar-mengajar peran guru dan siswa menjadi satu kesatuan yang utuh dan di mulai semenjak penyusunan perencanaan pengajaran sampai kepada evaluasi pengajaran telah melibatkan proses hubungan timbal balik antara guru dan siswa baik secara langsung maupun tidak langsung demi mencapai tujuan kegiatan .

Siswa sebagai subjek pembelajaran merupakan individu aktif dengan berbagai karakteristiknya yang mampu membawa kedinamikaan proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa tentang materi pembelajaran memicu guru untuk dapat memfasilitasi dan mengapresiasi bentuk dari keaktifan siswa

Baca juga:   Asyiknya Belajar Poster dengan Aplikasi Canva

Dalam berinteraksi dengan siswa, guru harus mampu mendesain materi yang akan disampaikan menjadi materi yang representatif di mana siswa menjadi sentral dalam proses pembelajaran. Di samping itu guru berperan sebagai pembimbing yang bertugas memberikan motivasi agar terjadi proses interaksi yang kondusif, dan guru juga harus siap sebagai mediator dalam segala situasi proses belajar-mengajar.

Siswa juga senantiasa untuk dikondisikan ikut aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa di beri kebebasan dalam menyampaikan pendapat tentang permasalahan yang terjadi. Selain itu, siswa berhak mengevaluasi proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Sinergitas juga bisa menjadi acuan guru untuk mengetahui problematika yang terjadi pada siswa, dan dapat segera ditemukan solusinya. Dengan menyatukan sinergi guru dengan siswa, proses pendidikan menjadi lebih efisien dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Sehingga mampu mencetak  generasi bangsa yang berkepribadian sempurna. (*/aro)

Populer

Lainnya