Quizz, Media Pembelajaran yang Menyenangkan di Tengah Pandemi

Oleh: Sunarti, S.Pd.SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan adanya pandemi global, Covid-19. Indonesia kemudian memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya menekan penyebaran virus yang membuat semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah dihentikan sampai pandemi mereda. Kebijakan tersebut berdampak pada seluruh bidang yang ada, tak terkecuali bidang pendidikan.

Pendidikan formal yang biasanya dilakukan secara langsung di sekolah dengan melakukan tatap muka, harus terkendala dengan adanya pandemi ini. Satu-satunya jalan keluar yang bisa dipilih untuk mengatasi kendala pendidikan pada masa pandemi ini adalah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

PJJ adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan suatu media yang memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik dan guru dengan tidak bertatap muka secara langsung seperti pembelajaran biasanya yang dilakukan di dalam ruang kelas (Prayogi et al., 2021). Pelaksanaan PJJ yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar adalah pembelajaran dalam jaringan (daring).

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesbilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran (Sadikin & Hamidah, 2020).

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan jaringan smartphone dan komputer yang dikembangkan dalam bentuk web yang kemudian dikembangkan lebih luas ke jaringan komputer yaitu internet.

Baca juga:   Membaca Permulaan Lebih Asyik dengan Media Kartu Kata

Pembelajaran daring ini bersifat interaktif karena tidak memiliki batasan dalam akses sehingga pembelajaran ini dapat dilakukan dengan waktu yang relatif lebih banyak (Suhery et al., 2020).

Salah satu poin untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring adalah adanya media pembelajaran online. Penggunaan media pembelajaran online memiliki kelebihan yang memungkinkan terjadinya pembelajaran yang bersifat mandiri, interaktivitas yang tinggi, meningkatkan kualitas ingatan serta banyaknya pengalaman belajar karena pembelajarannya menggunakan teks, audio, video dan animasi yang cenderung memberikan kemudahan dalam aspek proses penyampaian materi, mengunduh, memperbarui pengiriman email, komentar dan pertanyaan pada saat diskusi di ruang chat maupun video conference untuk berkomunikasi secara langsung (Dryden, 2001). Oleh karena itu peran media pembelajaran online sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran daring.

Media pembelajaran online yang dapat digunakan sebagai penunjang keberlangsungan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi adalah aplikasi Quizizz. Aplikasi ini bersifat online, yang artinya dapat digunakan dengan mudah jika didukung dengan akses internet yang memadai. Pola pembelajaran yang dibuat dan diberdayakan melalui aplikasi Quizizz adalah pola multimedia interkatif.

Baca juga:   Peran Guru BK dalam Pembelajaran Daring Siswa selama Pandemi Covid-19

Aplikasi Quizizz memiliki kelebihan yang dapat dengan mudah dimanfaatkan yaitu selain sebagai media pembelajaran, juga sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Sebagai contoh terdapat data dan perhitungan statistik kinerja peserta didik, yang hasilnya bisa menggambarkan sejauh mana pemahaman terhadap materi. Nantinya dapat menjadi bahan ukur evaluasi guru dan pola pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik.

Terdapat berbagai macam fitur lain yang tersedia dalam aplikasi Quizizz, yang bisa dimanfaatkan menjadi salah satu sarana bagi guru dalam memberikan tugas. Penggunaan Quizizz juga sangat mudah. Kuis interaktif ini memiliki 4-5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

Bisa juga ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan. Bila kuis sudah jadi, dapat dibagikan kepada peserta didik dengan menggunakan kode 6 digit yang dihasilkan.

Quizizz dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Bahkan strategi ini dapat melibatkan partisipasi aktif peserta didik sejak awal (Noor, 2020). (pb1/ton)

Guru SDN 2 Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga

Author

Populer

Lainnya