Penggunaan Media Online dalam Kegiatan Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi

Oleh : Siti Maryam, S.Pd.I.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kondisi pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa terhadap kehidupan masyaratakat dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak pandemi Covid-19 ini juga di rasakan dalam dunia pendidikan dimana kegiatan belajar mengajar yang awalnya bisa dilaksanakan secara langsung atau tatap muka, sekarang semua kegiatan belajar mengajar berganti menjadi sistem BDR (Belajar Dari Rumah). Termasuk di sekolah penulis SD Negeri 03 Pedurungan, Kabupaten Pemalang.

Islam adalah agama yang fleksibel yang tidak menutup diri dari perkembangan zaman dan teknologi di masa modern ini. Pada prespektif Islam, teknologi, ilmu pengetahuan, serta seni yaitu suatu pengembangan potensi dalam diri manusia yang telah diberikan oleh Allah SWT yaitu berupa akal dan budi pekerti.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pada dasarnya untuk mengembangkan potensi serta akal pikiran yang telah Allah berikan kepada umatnya.

Islam sangat mendorong umatnya agar terus maju dengan menggali seluruh ilmu-ilmu yang ada baik melalui eksperimen dan juga penelitian. Teknologi selalu mengalami perkembangan seiring berkembangnya zaman dan membantu memudahkan urusan manusia, misalnya dengan adanya internet untuk mencari segala informasi atau materi-materi pembelajaran yang dibutuhkan.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut menyajikan materi pembelajaran semenarik mungkin dan mampu menciptakan inovasi teknologi pembelajaran yang relevan serta menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan berbagai media Online.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Asmaul Husna dengan Metode Bernyanyi

Berbagai aplikasi pembelajaran pun sudah di sediakan oleh pemerintah maupun swasta, seperti ruang guru, Zenius, Klassku, Kahoot, Zoom, Google Meet, Video Call dan lainnya. Akses-akses tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan.

Penggunaan media dalam aktivitas pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dapat dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Jenis media pembelajaran yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut: a) Media Elektronik, terdapat bermacam media elektronik yang kerap dipakai pada saat pembelajaran, seperti slide dan lain sebagainya (Ibrahim & Syaodih, 1996). b) Media Cetak, media cetak adalah suatu media yang memberikan informasi kepada orang lain berbentuk karya tulis yang dibuat melalui percetakan, seperti buku, majalah, dan lainnya. c) Media Audio Visual, adalah sebuah media yang menayangkan suatu gambar yang bisa dilihat dan suara yang bisa didengar dengan bersamaan, seperti video, dan film. d) Internet, internet adalah suatu sistem layanan masyarakat seluruh dunia yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu sistem dengan sistem yang lain.

Baca juga:   Pantau Disiplin Siswa dengan Google Form di Era Pandemi

Teknologi memiliki berbagai macam manfaat dalam dunia pendidikan diantaranya yaitu: (1) Penyajian materi dapat jauh lebih menarik dan dapat disimpan sehingga peserta didik bisa membuka kembali materi jika belum dipahami. (2) Memudahkan tercapainya tujuan pendidikan di masa pandemi Covid-19. (3) Teknologi membantu peserta didik untuk belajar dimanapun dan kapanpun selama masih terkoneksi dengan jaringan internet. (4) Pendidik bisa mengontrol situasi dan pencapaian belajar peserta didik walaupun tidak bertatap muka seperti biasanya. Adapun contoh teknologi atau media online yang dapat digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah: (1) Penggunaan kompas untuk menentukan arah kiblat. (2) Video tata cara sholat, wudhu, tayamum, dll. (3) Al-Qur’an digital untuk mencari / menemukan surah atau ayat dengan cepat. (4) Memanfaatkan fitur-fitur pada internet seperti Youtube, Google meet, Zoom, E-mail, dll. Harapan terbesar bagi pendidik setelah memanfaatkan berbagai teknologi dan media online tersebut, peserta didik dapat mengikuti dengan semaksimal mungkin kegiatan belajar mengajar di rumah dan tetap bersemangat. (pg1/ton)

Guru PAI SDN 03 Pedurungan, Kab.Pemalang, Jawa Tengah

Author

Populer

Lainnya