Pembelajaran Perpindahan Kalor Radiasi Mudah dengan Thermogun

Oleh : Dra. Soeharni

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembelajaran Fisika terutama materi perpindahan kalor radiasi matahari digunakan sebagai sumber energi bagi makhluk hidup.Kita ingat matahari terbit menyapa dunia di pagi hari dengan memancarkan sinarnya. Badan terasa hangat pada saat kita berolah raga di pagi hari.

Matahari memindahkan kalor secara radiasi yang diterima oleh makhluk hidup sebagai sumber energi. Semua makhluk hidup dan benda berwarna gelap sangat mudah menerima kalor secara radiasi sebaliknya yang berwarna putih lebih mudah memancarkan kalor.

Pada saat upacara bendera hari Pahlawan di SMAN 2 Mranggen siswa menggunakan jas warna hitam, siswa lebih mudah merasa letih karena jas hitam mudah menyerap kalor sehingga banyak siswa yang undur diri pada saat upacara bendera.

Untuk mengetahui perpindahan kalor secara radiasi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran dalam luring (PTM terbatas) dan daring (LMS Chamilo) dengan cepat dan praktis adalah menggunakan thermogun.

Departemen Fisika Kedokteran Medical Technology IMERI, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyebut bahwa thermogun adalah salah satu jenis termometer inframerah yang berfungsi untuk mengukur temperatur tubuh, yang diarahkan ke dahi (Indonesiabaik.id/infografis diakses tgl 2 Desember 2021).

Berbeda dengan termometer raksa atau digital yang menggunakan prinsip rambatan panas secara konduksi, thermogun ini menggunakan rambatan panas melalui radiasi. Energi radiasi dari permukaan tubuh ditangkap dan diubah menjadi energi listrik, kemudian ditampilkan dalam angka digital pada thermo gun.

Baca juga:   Silap Makna Kata dalam Komunikasi pada Gawai

Menurut Indarti dkk (2016:130) menyatakan radiasi adalah perpindahan kalor pada suatu zat tanpa melalui zat perantara. Dalam ruang hampa tidak ada materi yang memindahkan kalor secara konduksi dan konveksi.

Jadi, perpindahan kalor dari matahari sampai ke bumi dengan radiasi. Orang awam beranggapan bahwa hanya matahari saja yang melakukan perambatan kalor secara radiasi, manusia juga bisa memancarkan perpindahan kalor secara radiasi.

Adapun langkah-langkah dalam penggunaan thermogun adalah sebagai berikut yang pertama pada saat siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mranggen melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan LMS Chamilo, kedua guru membuat kontens pembelajaran di learning path yang berisi ringkasan materi, petunjuk praktikum dan soal latihan perpindahan kalor. Ketiga siswa mengunduh semua kontens. Keempat siswa mempelajari dan memahami materi, petunjuk praktikum serta mengerjakan latihan soal di akhir PJJ.

Kelima siswa mencatat petunjuk praktikum perpindahan kalor di buku tugas. Keenam siswa pengambilan data dilaksanakan pada saat PTM terbatas.

Ketujuh pembelajaran praktikum perpindahan kalor radiasi dengan memanfaatkan thermogun pada saat siswa masuk pintu gerbang sekolah disapa oleh petugas SPT2K lalu menuju thermogun untuk diukur suhu tubuhnya.

Kedelapan siswa melakukan foto diri sambil mengukur suhu dan menulis hasil suhu di form hasil pengamatan. Kesembilan siswa menghitung laju kalor radiasi dengan persamaan Q/t = e.σ.A.T4.

Baca juga:   Metode Akrostik Mudahkan Siswa Mencipta Puisi

Kesepuluh siswa melakukan pembelajaran tatap muka terbatas sesuai jadwal hari itu. Kesebelas, setelah selesai kegiatan PTM terbatas siswa pulang pukul 11.25 melalui pintu gerbang sekolah. Keduabelas siswa mengukur suhu dengan thermogun pada saat pulang sambil foto diri dan mencatat di form hasil pengamatan.

Tiga belas, siswa menghitung laju kalor radiasi di rumah. Lalu siswa membandingkan laju kalor radiasi pada saat masuk sekolah di pagi hari dan pulang sekolah di siang hari. Dan siswa membuat laporan praktikum di buku tugas di rumah dan dikumpulkan pada saat PTM pertemuan berikutnya.

Ternyata dengan pembelajaran perpindahan kalor radiasi mudah dengan thermogun kemampuan motorik siswa dapat ditingkatkan dengan cara menulis dan membuat laporan praktikum.

Siswa memiliki suhu yang dapat ditunjukkan dengan thermogun praktikum dengan materi perpindahan kalor dalam radiasi dapat dilakukan di lingkungan sekolah pada saat siswa masuk dan pulang sekolah.

Di samping itu siswa juga bisa menerapkan materi perpindahan kalor secara radiasi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat diterapkan oleh semua guru Fisika di mana saja berada tidak hanya di SMA Negeri 2 Mranggen. (m2/lis)

Guru SMA Negeri 2 Mranggen, Demak

Author

Populer

Lainnya