Kahoot, Ciptakan Pembelajaran Daring Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Peni Nursyamsiwi, S.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak dua tahun terakhir mengubah hampir seluruh aktivitas dan pola kehidupan masyarakat. Begitu pula dalam bidang pendidikan.

Pembelajaran yang semula tatap muka diubah menjadi via daring atau pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut berdampak pada percepatan teknologi yang harus segera dikuasai oleh pendidik dan peserta didik.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan daya serap peserta didik terhadap materi pelajaran seperti TIK, diperlukan media pembelajaran yang mudah diakses oleh peserta didik. Seperti media pembelajaran berbasis aplikasi android. Salah satu media tersebut adalah aplikasi Kahoot.

Kahoot merupakan salah satu aplikasi media pembelajaran kuis interaktif. Aplikasi Kahoot bisa digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran berupa pre test, post test atau ulangan harian dalam bentuk game online berupa kuis menarik dan interaktif.

Game yang dibuat terdiri dari pertanyaan sederhana yang disusun untuk menguji pemahaman peserta didik dari materi pelajaran yang sudah disampaikan pendidik.

Platform Kahoot terbagi menjadi 2 yaitu untuk admin atau pendidik dan peserta didik. Adapun alamat website untuk pendidik https://Kahoot.com/. Sedangkan untuk peserta didik https://Kahoot.it/.

Langkah-langkah untuk membuat kuis pada aplikasi Kahoot di antaranya adalah ketik Kahoot.com dan log in menggunakan akun Kahoot yang telah dibuat sebelumnya. Bagi peserta didik yang belum memiliki akun dapat langsung menekan tombol sign up for free dan mendaftar dengan akun gmail.

Baca juga:   Belajar Teknik Vokal dalam Menyanyi Solo dengan Pemodelan dan Membuat Video

Selanjutnya, buka Kahoot dan klik quiz untuk membuat soal berbagai tipe. Setiap soal dapat diatur untuk skor yang didapat tergantung tingkat kesulitan soal dan durasi waktu untuk menjawab pertanyaan.

Jika pendidik sudah selesai membuat soal, copy link untuk mendapat pin guna mengakses quiz yang telah susun. Sedangkan, untuk peserta didik hanya perlu kode PIN untuk mengakses quiz yang telah dibuat.

Ada tiga tahapan untuk memainkan Kahoot di mata pelajaran TIK yaitu Log in Kahoot dari akun sebagai pendidik, klik play dan pilih mode klasik (perorangan= 1 alat untuk 1 orang) atau mode grup (1 alat untuk beberapa orang).

Peserta didik dapat mengakses langsung Kahoot dan bergabung dengan PIN yang diberikan. Peserta didik dapat menuliskan nama tim jika dalam mode grup. Tunggu hingga muncul nama peserta didik di monitor, lalu klik play.

Pembelajaran jarak jauh dengan media Kahoot dilakukan penulis selama pandemi Covid-19 melanda. Tujuannya adalah perubahan pada diri siswa dengan bertambahnya pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa.

Selanjutnya, pada mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan (TIK), para pendidik dituntut mampu menyediakan materi yang kreatif dan menarik. Media Kahoot memiliki kelebihan untuk peserta didik maupun pendidik.

Beberapa keunggulan aplikasi Kahoot untuk peserta didik di antaranya membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Baca juga:   Peer Teaching Meningkatkan Pemahaman Materi Jurnal Umum dan Posting

Kegiatan belajar tidak hanya berjalan satu arah dan monoton namun ada kegiatan unik yang melibatkan peran aktif peserta didik.

Kahoot melatih jiwa kompetitif antarpeserta didik karena membuat ranking yang bersifat live antara peserta didik secara langsung.

Penggunaan Kahoot mendorong peserta didik bergerak begitu cepat seperti membaca soal, mencari jawaban, dan menggerakkan kursor ke arah yang diinginkan dengan cepat. Sehingga pendidik dapat lebih menjadi pendamping dan peserta didik aktif dalam beraksi.

Hal ini diperkuat dengan temuan penelitian terdahulu oleh Irwan (2009) yang menyatakan implementasi Kahoot sebagai inovasi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan semangat belajar peserta didik.

Selain itu, Kahoot yang digunakan sebagai media evaluasi peserta didik menunjukkan hasil yang baik (Dewi, 2018).

Kelebihan Kahoot pada pendidik adalah memungkinkan pendidik membuat kuis, diskusi, dan pertanyaan dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, teks, dan gambar.

Selain itu, terdapat batasan waktu saat menjawab kuis sehingga ketepatan waktu juga menjadi poin penting selain jawaban yang benar.

Proses pembelajaran seperti ini biasa digunakan untuk mengasah kekompakan dan pemahaman peserta didik sebagai aktivitas berkelompok maupun individu.

Oleh karena itu, Kahoot menjadi salah satu metode yang menjadi alternatif pendidik meningkatkan pemahaman pembelajaran jarak jauh selama pandemi secara maksimal. (bk1/lis)

Guru SMP Negeri 3 Salaman

Author

Populer

Lainnya