Tumbuhkan Minat Siswa Belajar Kimia dengan E-LKPD

Oleh : Titik Purwaningrum, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa belajar adalah metode atau strategi belajar yang digunakan guru. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan dalam belajar tersebut perlu metode atau strategi dalam teknik pembelajaran yang tepat pada situasi seperti ini.

Upaya yang dapat dilakukan guru yaitu melakukan inovasi dalam teknik pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran kimia yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media penghubung antara guru dan siswa yaitu mengkolaborasikan materi pembelajaran dengan mengunakan e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) (Trianto, 2007).

Penulis mencoba membuat e-LKPD pada pelajaran kimia untuk siswa SMAN 1 Kesesi di kelas XI semester 1 yang dikemas dengan menarik dengan bantuan sistem komputer dan didukung internet. Dan dapat akses siswa dengan mudah yaitu hanya mengirimkan link atau kode bentuk html ke WAG (WhatsApp Group) kelas atau Google Classroom.

Dan e-LKPD tersebut bisa langsung dilihat pada desktop komputer, smartphone, maupun handphone tanpa harus siswa mendownload aplikasi tertentu untuk menjalanka e-LKPD tersebut. Pengembangkan e-LKPD ini sangat efektif dan memudahkan siswa memahami materi kimia. E-LKPD ini dibuat dengan menggunakan liveworksheet.

Baca juga:   Pengenalan Laboratorium Kimia di Masa Pandemic

Pada aplikasi liveworksheet dapat menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk video, mp3, gambar atau simbol-simbol yang menarik sehingga dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar. Selain digunakan untuk menyampaikan video pembelajaran, liveworksheet juga dapat digunakan untuk membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dapat dikerjakan secara online.

Depdiknas (Darusman, 2008:17) menyatakan LKPD adalah lembaran yang berisikan pedoman bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan yang terprogram. LKPD yang disajikan melalui aplikasi liveworksheet ini sangat mudah dibuat, guru tinggal memasukkan desain dan format soal yang telah dibuat dalam bentuk pdf. Dan kunci jawaban dapat langsung dimasukkan dalam aplikasi sehingga setelah siswa selesai mengerjakan, nilai dapat langsung muncul tanpa harus mengoreksi satu per satu.

Beberapa keuntungan dari penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheet, di antaranya adalah bagi guru, LKS interaktif bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas guru. Terutama untuk menyajikan model penilaian yang menarik bagi siswa. Selain itu, memudahkan guru untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran kimia.

LKS interaktif juga mengurangi beban guru untuk mengoreksi/memberikan umpan balik pada siswa dengan adanya sistem pemberian umpan balik langsung. Sedangkan keuntungan bagi biswa LKS interaktif bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan teknologi informasi komunikasi (TIK) siswa.

Baca juga:   Dilema Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19

Kemudian menumbuhkan sikap mandiri, rasa ingin tahu, dan disiplin. Utuk meningkatkan minat siswa dalam belajar karena tampilannya yang menarik dan interaktif. Sehingga diharapkan minat siswa tinggi maka penguasaan pelajaran kimia akan semakin baik. (bk2/lis)

Guru SMA Negeri 1 Kesesi

Author

Populer

Lainnya