Menulis Teks Eksplanasi Lebih Mudah dengan Media Gambar Seri

Oleh : Tin Khotimah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh siswa. Dalam pelajaran bahasa Indonesia, menulis termasuk salah satu keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktik dan banyak latihan. Seperti keterampilan menulis teks eksplanasi.

Keterampilan menulis teks eksplanasi tergolong sebuah keterampilan yang mengungkapkan pikiran, perasaan, dan gagasan untuk menjelaskan dan menerangkan tentang proses terjadinya fenomena alam maupun sosial. Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang baru dipelajari oleh siswa.

Hal ini membuat banyak siswa kesulitan dalam membuat teks eksplanasi. Para siswa mengalami kesulitan menentukan gagasan atau topik yang akan ditulis dalam teks eksplanasi. Juga kesulitan mengembangkan gagasan menjadi tulisan yang utuh.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu siswa dalam menulis teks eksplanasi yaitu menggunakan media gambar seri. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, motivasi, dan rangsangan bagi siswa.

Senada dengan pendapat Suparno dalam bahan ajar PLPG (2013:22) mengatakan media yaitu suatu alat yang dapat dipakai sebagai saluran (channel) untuk menyampaikan suatu pesan (massage) atau informasi dari suatu sumber (resource) kepada penerimanya (receiver).

Media dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadukan informasi.

Baca juga:   Mengurangi Kebiasaan Siswa Terlambat Sekolah dengan Teknik Kontrak Perilaku

Menurut KBBI, gambar/gam.bar/n tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dsb) yang dibuat dengan pensil pada kertas lukisan. Gambar adalah penyajian visual dua dimensi yang memanfaatkan rancangan gambar sebagai sarana pertimbangan mengenai kehidupan sehari-hari, misalnya yang menyangkut manusia, peristiwa, benda-benda, dan tempat. Gambar atau foto berfungsi untuk menyampaikan pesan melalui gambar yang menyangkut indera penglihatan.

Soeparno (1988:18-19) mengatakan media gambar seri disebut juga flow chart atau gambar susun. Gambar ini terbuat dari kertas manila lebar yang berisi beberapa gambar. Gambar-gambar tersebut berhubungan satu dengan yang lain sehingga menjadi rangkaian cerita.

Media ini sesuai untuk melatih keterampilan ekspresi tulis (mengarang) dan keterampilan ekspresi lisan (berbicara, bercerita). Dengan mengamati gambar seri yang dibentangkan di depan kelas, para siswa diharapkan dapat memperoleh konsep tentang topik tertentu.

Penulis mencoba menerapkan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media gambar seri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulis, Kabupaten Batang. Karena dalam proses belajar menulis teks eksplanasi, siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan gagasan-gagasannya. Selain itu siswa juga kesulitan merangkaian gagasannya menjadi sebuah tulisan yang utuh.

Baca juga:   Mudah Menulis Descriptive Text dengan PWIM

Selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan media gambar seri dalam menulis teks eksplanasi, siswa terlihat sangat aktif, antusias, berani, dan tanggung jawab karena merupakan hal baru yang belum pernah mereka kenal sebelumnya.

Dengan media gambar seri, siswa lebih mudah menulis teks eksplanasi. Siswa mudah untuk memulai menuliskan gagasan-gagasannya. Rangkaian gambar yang terdapat dalam media gambar seri mampu membuat siswa lebih mudah menuliskan rangkaian proses terjadinya fenomena alam atau sosial.

Keaktifan, keantusiasan, keberanian dan tanggung jawab siswa dalam proses belajar tersebut ternyata membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini ditandai dengan pencapaian nilai rata-rata menulis teks eksplanasi yang mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya.

Penggunaan media gambar seri dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia karena memiliki keunggulan dapat membuat siswa berantusias, berani, dan bertanggung jawab dalam pembelajaran. (nov1/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Tulis, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya