Peningkatan Pembelajaran IPS Materi Kerja Sama ASEAN dengan Examples Non Examples

Oleh: Sucia Dewi MPK, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu muatan pelajaran yang tergabung dalam sistem pembelajaran tematik adalah muatan pelajaran IPS. Berdasarkan pengalaman mengajar, mengajarkan siswauntuk memahami materi kerja sama ASEAN membutuhkan trik jitu supaya siswa tidak bosan dan hasil belajar mengalami peningkatan.

Selama ini yang terjadi di tempat penulis mengajar, sebagian besar siswa merasa jenuh saat belajar muatan IPS. Sehingga setiap ada evaluasi hasil belajar siswa, ditemukan banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.

Oleh sebab itu, penulis mencoba menggunakan metode examples non examples saat mengajarkan materi kerja sama ASEAN pada siswa kelas 6 SDN Sojomerto 01 Kecamatan Reban Kabupaten Batang.

Istarani (2012:9) menjelaskan bahwa model pembelajaran examples non examples yaitu suatu rangkaian penyampaian materi ajar kepada siswa dengan menunjukkan gambar-gambar yang relevan yang telah dipersiapkan dan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisisnya bersama teman dalam kelompok yang kemudian dimintai hasil diskusi yang dilakukannya. Examples non examples berangkat dari data dokumentasi yang kembangkan menjadi suatu kajian dan diteliti sehingga diperoleh suatu pengetahuan sangat berguna yang sebelumnya tidak diketahui. Penyampaian materi ajar kepada siswa adalah dalam bentuk gambar-gambar.

Baca juga:   Model Two Stay Two Stray Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar PPKn

Adapun langkah-langkah model pembelajaran Examples non Examples adalah: guru mempersiapkan gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran; guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP; guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan / menganalisis gambar; melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas; tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya; mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai; dan kesimpulan (Istarani, 2012:9).

Hasil belajar IPS adalah perubahan perilaku yang terjadi dalam ruang lingkup IPS. Pembelajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya.IPS berkenaan dengan cara manusisa memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan untuk memenuhi materi, budaya dan kejiwaannya. Memanfaatkan sumber daya yang ada dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan pemerintahannya maupun kebutuhan lainnyadalam rangka mempertahankan kehidupan masyarakat manusia.

Saat pembelajaran dengan metode examples non example ini dilaksanakan, harus disiapkan gambar-gambar tentang bentuk kerja sama diberbagai bidang di ASEAN. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Gambar yang sudah disiapkan ditayangkan melalui LCD Proyektor. Kemudian siswa diminta untuk mengamati gambar yang ditayangkan. Masing-masing kelompok bekerja untuk menuliskan bentuk kerja sama ASEAN sesuai bidangnya. Setelah selesai mereka mendiskusikan hasilnya dengan kelompok lain dibimbing oleh guru.

Baca juga:   Make a Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pada tahap ini terlihat siswa bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya. Semua merasa tertarik dengan gambar yang ditayangkan. Pembelajaran terasa begitu menyenangkan, banyak siswa terlibat aktif saat mengikuti pembelajaran kali ini.

Berdasarkan hasil pengamatan, setelah penulis mencoba metode examples non examples saat mengajarkan materi kerja sama ASEAN, ketika selesai mengadakan evaluasi hasil belajar, ternyata sebagian besar siswa sudah mencapai nilai di atas KKM.

Mungkin metode belajar ini dapat diterapkan tidak hanya pada lingkungan tempat penulis mengajar. Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa merasa jenuh dan bosan, sehingga hasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mupel IPS. (ra2/zal)

Guru SDN Sojomerto 01, Batang

Author

Populer

Lainnya