Pengenalan Teknologi Sederhana melalui Metode Bermain pada Anak Usia Dini

Oleh : Munawati, S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID. Di era globalisasi seperti saat ini kemajuan teknologi menjadi suatu kebutuhan yang hampir di bilang pokok karena setiap hari kita tidak terlepas dari penggunaan alat dan produk teknologi. Untuk itu kemajuan produk teknologi ini perlu dikenalkan pada anak- anak karen nantinya anak-anak akan berhadapan dan bersinggungan kepada alat canggih tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung.

Oleh karena itu pengetahuan tentang produk teknologi ini menjadi sangat penting bagi mereka agar nantinaya anak-anak dapat beradaptasi dengan berbagai alat canggih tersebut serta dapat mengapresiasi yang pada akhirnya mampu mengembangkan produk teknologi tersebut. Pengenalan teknologi pada anak usia dini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja sebagaimana halnya di TK Negeri Pembina Taman Pemalang pengenalan teknologi pada anak usia dini dilakukan pada kegiatan bermain.

Pengertian teknologi menurut Aingindra (2013) diartikan dengan semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui benda atau barang-barang yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan hidupnya di dalam dunia. Banyak produk teknologi yang dapat dikenalkan pada anak usia dini di sekolah baik di kelas maupun pada kegiatan bermain seperti halnya kalkulator, handphone, radio, atau bahkan alat-alat permainan edukatif yang sudah berbasis teknologi seperti halnya mobil remote, game dan lain sebagainya dan semuanya dapat diperkenalkan melalui kegiatan bermain.

Baca juga:   Asyiknya Bergotong Royong dalam Aplikasi Nilai Instrumental

Bermain ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan pada anak usia dini hal ini mengingat usia dini merupakan usia bermain sehingga sangatlah tepat pengenalan teknologi pun dilakukan melalui kegiatan bermain. Bermain menurut pendapat Elizabeth Hurlock (1987:320) adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Pengenalan produk teknologi pada anak melalui kegiatan bermain sangatlah perlu. Banyak manfaat yang akan didapat oleh anak saat memanfaatkan teknologi secara tepat.

Di sini pada kegiatan pengenalan teknologi melalui kegiatan bermain ini pendidik atau guru bisa menstimulasi secara tepat dalam penggunaan produk teknologi. Adapun produk teknologi yang dapat dikenalkan melalui kegiatan bermain sangatlah banyak dan bervariasi seperti remote control, kalkulator, mobil remote, handphone dan alat permainan lainnya yang bersifat elektronik.

Pendidik harus selalu memantau saat anak menggunakan alat teknologi tersebut. Anak dipandu untuk mengenal lebih dekat sebelum menggunakan separti mengamati, melihat dan mencoba menggunakannya. Sebagai contoh penggunaan alat remote control untuk TV. Anak diajak untuk mengamati dan mempelajari cara penggunaannya. Selain anak menjadi tahu dan bisa menggunakan alat teknologi anak juga dikenalkan untung dan ruginya serta kapan dan untuk kepentingan apa alat-alat teknologi tersebut digunakana sehingga anak akan tahu akan keuntungan dan kerugian serta manfaatnya sehingga anak tidak akan ketergantungan atau kecanduan dalam menggunakan alat- alat yang berbasis teknologi. (ms2/ton)

Baca juga:   Bermain Kartu Huruf Memudahkan Anak Bisa Membaca

Guru TK Negeri Pembina Taman Pemalang

Author

Populer

Lainnya