Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dengan Media Poster Animasi

Heni Purwanti, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mengenalkan nilai kearifan lokal dalam dunia pendidikan menjadi inovasi yang baik untuk dilakukan. Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan pendidikan didasarkan pengayaan nilai-nilai kultural.

Guru harus bisa memberikan kesempatan peserta didik untuk memaknai dan mengelola apa yang mereka pelajari dan mampu menerapkan dalam dunia nyata. Dalam hal ini, pemilihan sumber belajar mesti dikaitkan dengan minat dan keinginan peserta didik.

Pandemi sistem pembelajaran dituntut berlangsung secara daring. Berbagai aplikasi e-learning menjadi pilihan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Salah satunya menggunakan media poster animasi.

Dina Indriyana (2011:62) menyatakan poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, mencolok, dan menarik dengan maksud menarik perhatian. Ada dua poin yang mempengaruhi estetika sebuah desain poster.

Pertama bagaimana poster menarik perhatian masyarakat sekitar. Kedua sekuat apa visualisasi poster yang disajikan, dapat dilihat dari pesan hingga elemen desain di dalamnya.

Pada pembelajaran online Sosiologi di SMAN 1 Kesesi kelas XII IPS semester genap terdapat materi Kearifan Lokal. Sswa diajak belajar mengenal dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Organisasi yang sosio-kultural ini memiliki beberapa kelemahan. Seperti ketidaksanggupan menahan intervensi arus globalisasi.

Disinilah peran guru untuk memotivasi siswa agar mendukung pelestarian budaya lokal. Salah satunya dengan membuat iklan atau poster animasi tema kearifan lokal di lingkungan sekitar siswa.

Pembelajaran menggunakan media yang menarik dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran. Sandi (2012) menjelaskan penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menggali kemampuan serta menimbulkan daya tarik siswa dalam belajar. Salah satu inovasinya yaitu mengkolaborasikan model pembelajaran yang interaktif berbasis IT menggunakan media poster animasi yang dapat dibuat pada situs web animaker atau menggunakan bantuan aplikasi.

Baca juga:   Kearifan Lokal Tingkatkan Prestasi Siswa

Salah satu aplikasi paling mudah yang saya gunakan pada pembelajaran adalah Canva for Education. Poster animasi dipilih sebagai media pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Kesesi kelas XII IPS materi Kearifan Lokal karena siswa seringkali bosan ketika pembelajaran daring.

Beberapa langkah pembelajaran Sosiologi berbasis Kearifan Lokal dengan media poster animasi diterapkan dengan cara guru terlebih dahulu mengidentifikasi keadaan dan potensi daerah; menentukan fungsi dan tujuan; menentukan kriteria dan bahan kajian; serta menyusun rancangan pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar menjadi salah satu upaya mendekatkan siswa pada lingkungan budayanya sekaligus sebagai upaya pelestarian nilai-nilai kearifan lokal.

Langkah pembuatan poster animasi di Canva. Pertama, siswa mengunduh aplikasi Canva dari Play Store. Setelah dijalankan, temukan menu Animated Social Media lalu tap link See all. Muncul berbagai pilihan poster yang bisa dipakai. Jika menggunakan versi gratis, cari poster yang berlabel Free.

Tetapi jika sudah menggunakan versi pro, bisa memilih bebas yang mana saja. Setelah dipilih selanjutnya satu persatu edit teks dan juga gambar di dalam poster. Untuk mengedit teks, tap saja Canvas Teks. Ketikkan kata sebagai penggantinya.

Jika teks sudah diubah, lanjut ubah foton. Klik Canvas foto lalu muncul popup pilihan foto, bisa diambil dari galeri siswa atau dari koleksi di server Canva. Setelah dipilih, otomatis foto akan menggantikan foto bawaan template.

Baca juga:   Model Creative Problem Solving Tingkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

Siswa bisa mencoba memodifikasi sesuai kreativitas masing-masing. Tap ikon plus di kanan bawah maka akan muncul menu untuk menambahkan teks, foto, ilustrasi, video dan juga logo. Setelah selesai dan ingin mengunduh, tap tombol play di kanan atas kemudian tap ikon Download. Selesai, poster sudah berhasil diunduh.

Kemudian tap tombol upload untuk membagikan poster langsung ke media sosial atau membagikannya melalui aplikasi. Hasil unggahan poster animasi kemudian discreenshoot sebagai bukti untuk diberikan penilaian oleh guru.

Aplikasi canva merupakan pembuat poster digital yang membantu guru membuat media pembelajaran menarik. Animaker ini menyediakan template untuk membuat video tutorial, video presentasi, maupun video infografis untuk mempermudah penyampaian materi.

Pengalaman penulis, pembelajaran Kearifan Lokal dengan media poster animasi di SMAN 1 Kesesi diterapkan di kelas XII IPS. Ternyata diterima dengan baik, sebagian besar siswa menunjukkan sikap positif. Siswa lebih aktif dan responsif, saling berlomba membuat desain poster keren untuk mempromosikan keunggulan budaya lokal masing-masing.

Selain itu, siswa bisa mengurangi penggunaan gawai untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Dengan tingginya semangat dan antusiasme siswa dalam belajar tentunya efektifitas pembelajaran untuk pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. (bk2/fth)

Guru Sosiologi SMAN 1 Kesesi Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya