Video Animasi Meningkatkan Minat dalam Pembelajaran TIK

Oleh : Mamik Setyaningrum, S.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri. kepribadian. kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (Undangundang Sistem Pendidikan Nasional no. 20 tahun 2003).

Media pembelajaran atau media pendidikan merupakan saluran pesan tersebut sedangkan 2 penerima pesannya adalah peserta didik bahkan pengajar itu sendiri. Salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang di 3 tata dan di ciptakan oleh guru (Azhar Arsyad, 2011).

Dalam proses belajar mengajar di masa pandemi ini, banyak kendala yang dialami. Sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, maka guru harus mengatasi kendala-kendala tersebut. Salah satu caranya dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat.

Menurut psikologi, orang yang belajar tanpa mempraktikannya itu akan dapat memahami atau mengingat dalam jangka terlalu lama. Tetapi, orang yang belajar setelah itu dipraktikkan akan lebih mudah dicerna dan akan selalu diingat dalam pikirannya (tidak mudah lupa).

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui fitur Sumber Belajar di portal Rumah Belajar telah menyediakan ribuan media pembelajaran baik berupa audio, visual maupun audio visual, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan sumber belajar dalam pembelajaran saat ini.

Baca juga:   Mudah Pahami Materi Mengenal Negara-Negara ASEAN dengan TTS

Dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran TIK ditemukan permasalahan. Guru masih melaksanakan proses pembelajaran kadang-kadang tanpa menggunakan media pembelajaran seperti media visual, media audio maupun media audio visual. Sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang cerita dengan temannya sehingga mereka kehilangan kosentrasi.

Berdasarkan hal tersebut proses pembelajaran menjadi kurang menarik yang mengakibatkan menurunnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Saat ini teknologi informasi sudah berkembang begitu pesat. Tidak hanya alat teknologi saja yang dihasilkan, akan tetapi sudah banyak juga software-software yang diciptakan. Salah satunya ialah software Sparkol Videoscribe. Software ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan di Inggris, tepatnya pada tahun 2012 software ini dirilis.

Aplikasi ini adalah sarana yang paling tepat dan akurat karena dapat digunakan sebagai pengantar pembelajaran. Serta sangat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik. Sparkol Videoscribe adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah video dengan animasi tulis tangan. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak animasi keren dan unik, sehingga akan membuat peserta didik lebih suka dan terhibur dalam kegiatan belajar mengajar.

Baca juga:   Meningkatkan Aktifitas Belajar PPKn di Masa Pandemi dengan Film Animasi

Tidak hanya itu, software ini juga dapat digunakan sebagai sarana promosi, presentasi, bisnis online dan kegiatan lainnya. Dengan adanya software ini, kita akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan, karena tidak perlu menyajikan sesuatu yang panjang.

Muvizu merupakan software animasi 3D gratis yang sangat mudah untuk digunakan. Biasanya, software ini digunakan oleh animator, pengajar, atau bahkan seorang pendongeng. Muvizu memang didesain tanpa memerlukan keahlian khusus. Software membuat film animasi ini bisa digunakan oleh siapa pun, bahkan dengan keahlian animasi yang belum mumpuni.

Materi perangkat keras komputer ini merupakan materi TIK yang dipelajari di kelas VII SMP/MTS semester II dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tentang perangkat keras komputer. Meliputi input device, output device, CPU, dan storage device.

Berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai tersebut, pengunaan kegiatan belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi sehingga siswa mempunyai daya tarik dalam kegiatan belajar mata pelajaran TIK selama berlangsung. Tidak hanya belajar siswa yang meningkat tetapi aktivitas siswa. (ms1/lis)

Guru SMP Negeri 5 Ambarawa

Author

Populer

Lainnya