Media Gambar untuk Mengoptimalkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPS

Oleh: May Rissa Santie, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, UNTUK dapat melaksanakan pembelajaran Pengetahuan Sosial dengan baik pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar, diperlukan guru yang terampil merancang dan mengelola proses pembelajaran seperti yang tertuang dalam kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan kurikulum tersebut guru hendaknya dapat menggunakan strategi yang melibatkan siswa aktif.

Salah satunya dilakukan oleh SDN 01 Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang adalah dalam belajar siswa aktif baik secara fisik, mental, maupun sosial.

Para guru diharapkan dapat merancang dan mengelola proses pembelajaran dengan menyajikan sebaik-baiknya dan mengatur kondisi yang baik pula. Selain itu pendidikan mengarahkan siswa menjadi subyek yang memiliki kemampuan dan daya serap yang tinggi, kreatif, mandiri dan profesional.

Dalam kaitannya dengan pendidikan, Tiller (1997:1) mengemukakan bahwa : Pendidikan nasional dewasa ini sedang dihadapkan pada empat krisis pokok, yang berkaitan dengan kuantitas, relevansi atau efesiensi eksternal, elitisme, dan manajemen. Menghadapi hal tersebut, perlu dilakukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, Terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, Serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Dalam hal ini, Perlu adanya perubahan sosial yang memberi arah bahwa pendidikan merupakan pendekatan dasar dalam proses perubahan itu.

Baca juga:   Tingkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Tiga dengan Lidi

Pendidikan adalah (Mulyasa, 2001:7) kehidupan untuk kegiatan belajar harus dapat membekali siswa, kecakapan hidup yang sesuai dengan lingkungan kehidupan dan kebutuhan siswa.

Diantara beberapa media pembelajaran, media gambar adalah media yang paling umum dipakai. Hal ini dikarenakan siswa lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika gambarnya dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan gambar yang baik, sudah barang tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Di bawah ini beberapa pengertian media gambar, diantaranya: Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bentuknya bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque projektor (Hamalik, 1994:95).

Media gambar adalah media yang paling umum dipakai, yang merupakan bahasan umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana (Sadiman, 1996:29), Media gambar merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam hal bentuk, rupa, serta ukurannya relatif terhadap lingkungan (Soelarko, 1980:3).

Berdasarkan hasil pembelajaran Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media gambar khususnya pada siswa Sekolah Dasar, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa lebih tinggi dalam proses pembelajaran menggunakan media gambar tersebut. Hal ini disebabkan dengan adanya penggunaan media gambar yang membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar.

Baca juga:   Belajar Pemrograman Java dengan Aplikasi Android Java n IDE

Keaktifan siswa lebih meningkat dimana siswa merasa lebih dapat berekspresi dalam belajar sehingga para siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, bukan hanya guru saja yang aktif dalam pembelajaran ini. Para siswa juga dapat menyadari apa tujuan yang hendak dicapai dari pembelajaran tersebut dan menyadari manfaat apa yang diperoleh bagi dirinya.

Motivasi siswa dengan sendirinya muncul kuat dan tertanam dalam dirinya. Mereka ingin menguasai kemampuan yang terkandung dalam tujuan pembelajaran yang bermanfaat untuk dirinya, sehingga menghasilkan pemahaman pembelajaran Pengetahuan Sosial yang lebih mendalam, kritis, dan kreatif. Nilai yang dicapai para siswapun mengalami peningkatan dari yang rendah menjadi lebih baik setelah melakukan pembelajaran Pengetahuan Sosial dengan penggunaan media gambar ini. (rn1/zal)

Guru SDN 01 Penggarit, Pemalang

Author

Populer

Lainnya