Pentingnya Project Motion Media dalam Pembelajaran Daring

Oleh : Yayuk Susiamah S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi pembelajaran dilakukan secara daring baik melalui zoom, webex, dan aplikasi daring lainnya. Pembelajaran daring memang memiliki dampak negatif dan positif, dampak positif dari hal tersebut adalah siswa memiliki pengetahua dalam teknologi.

Sedangkan dampak negatif adalah karena pembelajaran daring dilakukan tanpa adanya pengawasan guru atau jarak jauh seringkali siswa kurang memperhatikan materi.

Pembelajaran daring pada dasarnya memang cukup sederhana dan mudah, guru dapat menyampaikan materi seperti biasa.

Namun apabila dilakukan sesederhana itu siswa sering sekali tidak memperhatikan dengan saksama. Sehingga dibutuhkan penyampaian materi yang lebih menarik dan interaktif sehingga siswa akan lebih memperhatikan pada penyampaian materi yang diberikan.

Project Motion Media merupakan salah satu metode pembelajaran dengan menampilkan visualisasi yang bergerak. Dapat berupa film, dokumenter, animasi, dan lainnya.

Hal tersebut didukung oleh pendapat dari Marcell Danesi (2010: 134), film adalah teks yang memuat serangkaian citra fotografi yang mengakibatkan adanya ilusi gerak dan tindakan dalam kehidupan nyata.

Perkembangan teknologi juga mendorong bentuk Project Motion Media yang ada. Salah satu yang berkembang pesat adalah animasi. Banyak kegiatan yang menggunakan metode ini dalam menyampaikan suatu materi. Selain itu film pendek juga menjadi salah satu alternatif mudah yang dapat disisipkan dalam materi.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Wudu melalui Video Pembelajaran

Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam memberikan Project Motion Media adalah dengan penjelasan sederhana diikuti video.

Kemudian dengan pemaparan animasi di awal kemudian siswa dipersilakan untuk mengartikan sesuai pemahaman masing-masing. Selanjutnya adalah dengan animasi sebagai bahan soal observasi bagi siswa.

Implementasi langsung yang dapat dilakukan contohnya adalah di dalam kelas 3 SD Negeri Bawang 1 guru memutarkan video singkat. Video singkat tersebut berisi seorang anak menemukan dompet kemudian mengembalikan kepada pemiliknya. Setelah video tersebut diputar guru dapat meminta siswa untuk memberikan pendapat dan mengimplementasikan nilai-nilai di dalam video tersebut.

Pada dasarnya siswa akan tertarik dengan suatu hal yang tidak diulang dalam waktu yang sama. Sehingga apabila dikaitkan dengan Project Motion Media maka metode ini menjadi salah satu yang sesuai. Di dalam dapat menggunakan film, animasi, dan media bergerak lainnya yang akan selalu terasa baru bagi siswa. Maka hal tersebut akan menarik perhatian siswa dan akan diperhatikan dengan seksama.

Project Motion Media menjadi salah satu solusi tepat pada pembelajaran daring saat ini karena sesuai perkembangan teknologi. Kemudian selain memberikan pemaparan menarik bagi siswa, hal tersebut juga dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam mengartikan visualisasi gambar bergerak yang diberikan. Sehingga pada kesimpulannya Project Motion Media menjadi salah satu komponen penting pembelajaran daring. (pm2/lis)

Baca juga:   Penerapan Asesmen Portopolio dapat Mengukur Kemampuan Psikologi Siswa

Guru SD Negeri Bawang 1, Pakis, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya