Tingkatkan Prestasi Belajar Fluida dengan Video Pembelajaran

Oleh: Wiwik Kusdewi S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran Fisika masih dianggap sulit dan menjadi momok bagi sebagian besar peserta didik.

Fisika merupakan upaya menemukan pola-pola keteraturan alam dan membingkainya menjadi bagan berpikir yan runtut,yaitu berupa kaitan logis antara konsep konsep tertentu (M Farchani Rosyid : 2014: 8).

Materi Fluida dipelajari pada kelas XI SMA semester ganjil terdiri dari dua bagian yaitu fluida statis dan fluida dinamis.

Fluida merupakan suatu zat yang bisa mengalami perubahan perubahan bentuknya secara kontinyu/terus-menerus bila terkena tekanan/gaya geser walaupun relatif kecil atau biasa disebut zar mengalir (Kusrini, 2020 : 4).

Dampak pandemi mengharuskan dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Guru yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran dituntut mampu mengembangkan diri agar dapat menciptakan PJJ yang tidak membosankan, efektif, dan mudah dipahami. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan bagi setiap guru.

Berbagai keluh kesah peserta didik yang sudah merasa terlalu lama di rumah dan bosan dengan belajar online, mereka ingin melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Untuk mengatasi kebosanan sangatlah perlu dibutuhkan kreativitas dan inovasi bagi seorang guru selama PJJ. Di samping kreativitas guru dalam merancang pembelajaran, juga dibutuhkan kemampuan guru untuk membuat media pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:   Materi Hubungan Pelaku Ekonomi Lebih Mudah dengan Schoology

Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh misalnya Zoom, YouTube, dan video pembelajaran. Video pembelajaran dapat diterapkan pada semua mata pelajaran termasuk juga mata pelajaran Fisika.

Video pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa akan dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan hasil prestasi peserta didik untuk selalu mengikuti dan mempelajarinya.

Menurut Cheppy Riyana (2007), media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran.

Karakteristik media video sebagai media pembelajaran di antaranya yaitu dapat menampilkan gambar dengan ukuran yang fleksibel, gambar dapat dimanipulasi dan dikombinasikan dengan suara, gerakan animasi dan teks kecepatannya dapat disesuaikan sehingga mendukung pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi (Ahmad, 2007:4).

Penerapan video pembelajaran mata pelajaran Fisika materi Fluida semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 pada SMAN 3 Pemalang dilakukan dengan beberapa tahapan. Pertama, mempersiapkan alat-alat dan bahan untuk model alat peraga yang akan disampaikan dengan menggunakan video pembelajaran. Kemudian membuat alat peraga yang dirancang sebaik mungkin supaya dapat menarik minat belajar peserta didik.

Baca juga:   Memaknai Isi dan Nilai Hikayat dengan Model Pembelajaran CIRC

Selanjutnya membuat video pembelajaran materi Fluida pada mata pelajaran Fisika. Lalu mengorganisasi peserta didik secara individu maupun kelompok. Terakhir, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Dari hasil pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran ini dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik Kelas XI SMAN 3 Pemalang .

Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator kelebihan yang dimiliki oleh model pembelajaran model video. Di antaranya dapat mengatasi antara jarak dan waktu, dapat diputar berulang kali guna mendapatkan kejelasan materi, pesan materi yang disampaikan dengan cepat dapat dipahami dan diterima, dapat mengembangkan pikiran imajinasi dan pendapat peserta didik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran ini dapat mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. Selain dapat mengatasi masalah pembelajaran di saat pandemi ini video pembelajaran juga mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik. (bk1/lis)

Guru SMAN 3 Pemalang

Author

Populer

Lainnya