Role Playing Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Tata Surya

Oleh : Indarwati, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEBERHASILAN pembelajaran dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran sangat ditentukan dengan metode maupun model pembelajaran yang digunakan.

Setiap kegiatan pembelajaran, pendidik harus dapat memanfaatkan dan memilih beberapa metode pembelajaran yang sesuai ,salah satunya adalah dengan metode bermain peran.

Bermain peran atau kata lain “role playing” adalah sebuah metode pembelajaran yang mengikut sertakan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Menurut Depdikbud (1964: 171) bermain peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang digunakan untuk menjelaskan perasaan, sikap, tingkah laku dan nilai, dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandangan dan cara berfikir orang lain.

Pendapat lain dari Mansyur (dalam Sagala, 2011:2013) mengemukakan bahwa model bermain peran (role playing) adalah metode mengajar yang dalam pelaksanaannya siswa mendapat tugas dari guru untuk mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, agar siswa dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu situasi sosial.

Pembelajaran tentang tata surya di SDN Girirejo 3 memerlukan pemahaman lebih konkrit agar peserta didik mampu memahami materi. Dalam materi tata surya siswa dituntut untuk dapat berimajinasi tentang kedudukan planet-planet yang dalam keseharian peserta didik tidak dihadapkan dalam situasi yang nyata.

Baca juga:   Interview Games Permudah Belajar Asking for and Giving Information

Hanya tampak bintang-bintang yang bertaburan di langit ketika malam hari. Oleh karena itu maka dengan penerapan metode pembelajaran bermain peran peserta didik dapat memeragakan seakan mereka menjadi planet-planet yang berputar dalam garis orbit untuk mengelilingi matahari. Sehingga diharapkan peserta didik memiliki pemahaman yang nyata tentang kedudukan planet-planet dalam tata surya.

Kali ini kita gunakan langkah-langkah bermain peran menurut Soebrata (dalam Sutino 2011: 37) adalah sebagai berikut: langkah pertama mendeskripsikan skenario kejadian atau situasi yang dipentaskan siswa dihadapkan dalam berbagi macam planet-planet dalam tata surya dalam bentuk gambar serta kedudukan dalam garis orbitnya.

Langkah kedua mempelajari karakteristik peranan yang akan dipentaskan, yaitu mempelajari karakteristik dari masing-masing planet dalam tata surya. Langkah ketiga yaitu memilih pemeran dan menugaskan untuk menghayati peran yang harus dibawakan, siswa dibentuk dalam beberapa kelompok, dalam setiap kelompok terdiri dari 9 siswa, masing-masing siswa berperan sebagai planet-planet dalam tata surya.

Siswa pertama sebagi matahari, siswa kedua sebagai merkurius, ketiga sebagai venus, keempat sebagai bumi, kelima sebagai mars, keenam sebagai jupiter, ketujuh sebagai saturnus, kedelapan sebagai uranus, kesembilan sebagai neptunus, dengan masing-masing siswa memegang gambar planet sesuai planet yang ditentukan.

Baca juga:   WhatsApp Permudah Pembelajaran Daring

Langkah keempat melaksanakan kegiatan bermain peran, sebelumnya membuat gambar garis orbit pada lantai yang nantinya akan dijadikan tempat berdirinya planet-planet, saat mengelilingi matahari. Langkah kelima kegiatan mendiskusikan hasil bermain peran, Bersama kelompok lain sebagai penonton mendiskusikan kegiatan bermain peran dengan menekankan pemahaman mereka tentang kedudukan planet-planet dalam tata surya.

Metode bermain peran ini memiliki berbagi keuntungan diantaranya bagi siswa yang memerankan salah satu tokoh maka akan tertanam pengalamanya, menumbuhkan kerjasama antar pemain, kegiatannya menarik sehingga menumbuhkan antusias dalam kelas, meningkatkan bahasa lisan peserta didik, melatih kreeatifitas dan imajinasi. Tidak ada metode pembelajaran yang paling sempurna sampai saat ini, ada kelebihan pasti ada kekurangannnya. Dari metode bermain peran juga memiliki kekurangan seperti memerlukan waktu yang cukup lama, tidak semua siswa berani dan mau berperan, tidak semua materi pembelajaran dapat disajikan dengan metode ini. (ms1/zal)

Guru SDN Girirejo 3, Ngablak

Author

Populer

Lainnya