Metode KBM Online Menggunakan Whatsapp Group dan Video Call

Oleh : Titik Joeliani, S. Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran sekolah sejak pandemi Covid-19 seluruh sekolah di Indonesia termasuk di wilayah Grobogan menggunakan sistem daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran ini menuntut guru dan peserta didik sama-sama bisa memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Dalam pembelajaran Online terdapat beberapa aplikasi yang biasa digunakan. SMA Negeri 1 Wirosari sebagian besar guru memakai aplikasi Google Classroom, Google Meet, WhatsApp dan lainnya.

Penulis menggunakan WhatsApp video call sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris kelas X. Dengan materi pelajaran “Expressing Obligation To Do Something” terdapat pada silabus kelas X SMA N 1 Wirosari KD 4.2.

Yaitu menyusun teks interaksi transaksional lisan, tulis pendek, sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan sesuatu tindakan / kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau. Dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan untuk smartphone. Aplikasi ini bisa mengirim gambar, suara dan juga video. Penulis memilih menggunakan aplikasi ini, karena hampir semua peserta didik menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi berbalas pesan. Jadi lebih memudahkan untuk berkomunikasi dengan mereka.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Narrative Bahasa Inggris melalui Teknik Cloze Procedure

Selain berbalas pesan secara tertulis, aplikasi ini mendukung pengguna dalam melakukan video call. Melalui video call WhatsApp kita bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi bersama antara 4 sampai 8 orang secara langsung.

Penulis menggunakan whatsapp video call untuk materi “Expressing Obligation To Do Something” semester awal tahun ini. Dalam materi, para siswa diminta untuk membuat dialog / percakapan yang ada ungkapan keharusan melakukan sesuatu. Sebelum siswa membuat video call berisi tentang“Expressing Obligation To Do Something”, penulis memberikan contoh dari youtube. Lantas meminta siswa untuk mengamati dan mempelajari video tersebut. Siswa juga bisa mencari dan melihat video lainnya, sehingga tidak kesulitan dalam membuat video call mereka.

Langkah awal penulis membuat grup WhatsApp kelas Bahasa dan Sastra Inggris. Kelas yang penulis ajar adalah kelas X MIPA 1. Setelah terbentuk grup kelas, penulis memberikan materi “Expressing Obligation To Do Something” berupa video dan file yang disematkan dalam link WhatsApp.

Siswa dibuat kelompok dengan masing-masing kelompok 2 peserta didik. Kemudian meminta para siswa untuk menyusun teks “Expressing Obligation To Do Something” sesuai contoh yang diberikan dari karya mereka sendiri.

Baca juga:   Implementasi Pendidikan Multikultural dalam PAI

Penulis memberikan waktu dua minggu kepada peserta didik untuk menyusun teks tersebut. Setelah selesai mereka harus mempresentasikan atau mempraktekkan dialog yang mereka buat melalui video call WhatsApp yang terhubung dengan penulis dan 2 peserta didik lain sebagai kelompok.

Video call dilakukan berkelompok sampai semua kelompok melakukan video call percakapan. Dengan video call WhatsApp penulis mengharapkan agar para siswa semakin termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Terutama untuk kemampuan berbicara.

Melalui WhatsApp video call ini pembelajaran selama online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk kelas X di semester baru ini bisa berlangsung dengan lancar. Mudah diterapkan dan peserta didik tidak merasa terbebani untuk tidak perlu repot mengunduh aplikasi-aplikasi lain. (*/fth)

Guru SMA Negeri 1 Wirosari

Author

Populer

Lainnya