Pengaruh Keteladanan Hidup Guru PAK terhadap Karakter Siswa

Oleh: Nanik Murwani, S.Pd.K

spot_img

RADARSEMARANG.ID,Keteladanan adalah hal yang sangat mendasar dalam proses pembelajaran seorang guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) berperan penting untuk menunjukan sikap/perilaku yang bisa menjadi teladan bagi peserta didik dengan rasa tulus dan ikhlas.

Sehingga tidak ada rasa terpaksa sedikitpun dalam mengajar. Keteladanan dalam pengetahuan, sikap hidup/perilakunya yang baik bagi murid-muridnya yakni mencerminkan hidup yang pantas dan bukan menjadi batu sandungan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Saat ini, tugas seorang guru tidaklah ringan. Bukan sekadar mengajar, namun seorang siswa membutuhkan figur seorang guru yang bisa mengubah sikap/perilaku siswa yang menyimpang dari norma agama. Guru merupakan profesi yang sangat mulia dan merupakan suatu kepercayaan yang diberikan Tuhan bagi setiap orang.

Guru merupakan faktor penting dalam menyukseskan kegiatan belajar mengajar. Di manapun kegiatan belajar-mengajar dilakukan, di situ diharapkan ada guru berkualitas, cerdas, terampil,cekatan dan berhati mulia penuh dengan kelemahlembutan dan penyayang terhadap anak didik.

Guru pula memberikan motivasi kepada anak didik agar berani bertanggung jawab atas segala yang diperbuatnya. Dalam hal ini, guru memberikan keteladannan yang bisa ditiru oleh peserta didik. Sangat ironis sekali apabila kita jumpai seorang guru yang tidak mencerminkan perilaku yang baik. Sikapnya yang tidak sesuai dengan karakter Kristus, melainkan mengikuti roh dunia ini.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Pecahan melalui Whatsapp Group

Pendidikan Agama Kristen sangat penting untuk membimbing anak didik ke arah yang lebih baik. Karena Pendidikan Agama Kristen berfokus kepada pengajaran Alkitab yang merupakan otoritas tertinggi. Hal itu juga penulis lakukan di SD Negeri 1 Tegalrejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan.

Karena itu, John M. Nainggolan mengatakan, guru Pendidikan Agama Kristen harus memiliki sikap yang tulus dalam pengajarannya yaitu Guru menjadi teladan dalam hal pengetahuan, sikap hidup dan dalam banyak hal bagi murid-muridnya. Oleh karena itu seorang guru harus senantiasa mencerminkan hidup yang pantas dan layak sebagai suatu teladan yang baik bagi murid-muridnya.

Drs. Kamirsa dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia memberikan arti kata “keteladanan” yaitu hal-hal yang bisa ditiru atau dicontoh. Keteladanan dapat diartikan sebagai perbuatan atau tingkah laku yang dapat ditiru atau dijadikan contoh.

Matius 19:14 “Tetapi Yesus berkata: Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” Tuhan Yesus merupakan Guru yang Agung, memberikan keteladanan bagi murid-muridnya dan sangat peduli kepada anak-anak dan tidak menganggap remeh anak-anak yang datang pada Tuhan Yesus,sangat menyayangi mereka semua tanpa membedakan satu dengan lainnya.

Baca juga:   Pupuk Nilai Persatuan Siswa di Lingkungan sekolah

Melihat begitu pentingnya pendidikan, maka tugas guru adalah membentuk perilaku dan sikap yang baik. Dengan ini, guru adalah figur yang harus bisa menjadi panutan bagi peserta didik. Dalam dunia pendidikan atau sekolah sebagai sumber ilmu memberikan tiga unsur pengetahuan, yaitu unsur kognitif, afektif, dan psikomotor.

Sekarang ini, guru tidak bisa lagi dijadikan sumber ilmu dari ketiga unsur pengetahuan ini, karena pengetahuan guru juga terbatas di tengah-tengah perubahan sosial yang sangat pesat dan berbagai pengetahuan dapat diambil dari internet.

Namun unsur afektif yang harus diperoleh dari pendidikan tidak dapat diambil dari internet. Gurulah yang berperan memberikan pendidikan afektif ini. Salah satu fungsi afektif adalah pembentukan karakter para siswa. Salah satu kunci keberhasilan program pengembangan karakter siswa dalam pendidikan adalah keteladanan dari guru sendiri.

Keteladanan bukan sekadar contoh bagi siswa, melainkan juga sebagai penguatan moral bagi siswa dan berperilaku. Oleh karena itu, penerapan keteladanan di dalam pendidikan menjadi persyaratan dalam pengembangan karakter siswa. (*/ton)

Guru SD Negeri 1 Tegalrejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan

Author

Populer

Lainnya