Pembelajaran Bahasa Inggris Sing A Song Atasi Kejenuhan Siswa

Oleh : Hadi Suprojo, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris pada era sekarang ini merupakan bahasa pemersatu dunia. Bahasa Inggris digunakan dalam skala internasional dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti slogan, iklan produk, pengumuman dengan menggunakan kata-kata bahasa Inggris di area publik.

Begitu pula dalam penggunaan aplikasi misalnya aplikasi di HP, laptop, pengguna sistem dan komunikasi sehari-hari. Contoh kosakata tanda yang sering ditemukan yaitu stop, turn left, turn right, kosakata yang sering didengar bahkan sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa mereka sadari itu adalah cara belajar bahasa Inggris.

Seperti halnya ketika makan secara spontan mengucapkan kata delicious. Artinya secara tidak disadari mereka melakukan speaking in English. Jadi belajar bahasa adalah proses pembentukan kebiasaan melalui kegiatan (Skinner dan Parlov).

Penguasaan kosakata sangat penting bagi semua pengguna bahasa. Baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, semakin banyak seseorang menguasai kosakata maka orang tersebut akan dapat berbahasa dengan baik dan benar.

Pembelajaran bahasa Inggris terintegrasi dalam empat keterampilan yaitu ketrampilan mendengarkan (listening), keterampilan berbicara (speaking), keterampilan membaca (reading), keterampilan menulis (writing).

Pada pembelajaran daring siswa SMAN 1 Kesesi di kelas XI materi Song banyak siswa yang hanya mengetahui bagian-bagian dari materi tersebut tanpa memahami isi dari lagu tersebut. Siswa tidak memahami isi lagu karena tidak menguasai kosakata pada lagu tersebut sehingga tidak mampu menangkap amanat dari sebuah lagu.

Baca juga:   Tingkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Crossword Puzzle

Mata pelajaran bahasa Inggris mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah. Meliputi listening/menyimak, speaking/berbicara. Menurut Akhaidah (1991: 148) menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterprensi, menilai dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya. Sedangkan berbicara adalah keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan. Menurut Nuraeni (2002) banyak orang beranggapan berbicara adalah suatu pekerjaan yang mudah dan tidak perlu dipelajari.

Pada kegiatan pembelajaran daring materi song akan digunakan metode Sing a Song supaya siswa menerima materi pembelajaran pemahaman isi lagu dengan cara menyimak dan berbicara. Artinya siswa mau bersuara ketika melafalkan kosakata yang diucapkan.

Berikut adalah langkah-langkahnya siswa diperdengarkan sebuah lagu yang sesuai dengan tema anak remaja dan mudah dihafal dalam bahasa Inggris secara daring dengan menggunakan Google Meet. Berikan siswa waktu untuk mulai mendengarkan lagu sekaligus ajak siswa untuk bernyanyi. Sehingga siswa lama kelamaan akan bersuara, merasa enjoy. Setelah mereka merasa enjoy, guru memberikan form lirik dari lagu tersebut kepada siswa (bentuk form dikirim lewat grup WA.

Baca juga:   Guru di Era Kemerdekaan

Di dalam form lirik lagu tersebut ada beberapa bagian lirik lagu yang hilang, sehingga mereka akan berusaha untuk melengkapi lirik tersebut. Dalam lirik yang hilang siswa diajak untuk menebak lirik yang hilang tersebut berdasarkan lagu yang sudah diperdengarkan tadi. Dalam proses pengisian lirik lagu yang hilang secara otomatis siswa akan fokus untuk mendengarkan, memahami isi lagu dan mengungkapkan pada pasangan tersebut.

Pada pembelajaran daring materi song kelas XI SMA N 1 Kesesi dengan metode Sing a Song sangat berhasil terbukti dapat mengusir kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Tanpa mengurangi tujuan utama yaitu siswa mampu menyimak (listening) dan mampu berbicara (speaking) dengan maksud untuk menambah kosakata pada siswa dengan cara mengingat, menghafal dan memahami isi lagu. (bk1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya