Efektifitas Pembelajaran Dengan Musik IT

Oleh: Giyatno, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan dunia teknologi sudah begitu pesat dengan pemanfaatannya di berbagai bidang lain. Tidak terkecuali dunia pendidikan. Baik guru, siswa, maupun orang tua dituntut bisa mengikuti perkembangan teknologi.

Hal itu sebagai upaya agar pembelajaran berjalan dengan baik dan menjadikan para siswa memiliki prestasi yang dapat membanggakan.

Perancangan dan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis teknologi informasi sangat penting. Jenis media ini dipilih karena dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi musik, baik praktek maupun teori. Sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Bahkan bisa digunakan secara mandiri oleh siswa karena media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk interaktif maupun game. Siswa juga tertantang dengan adanya game tersebut.

Jika terjadi seorang siswa belum menguasai materi yang diberikan, maka dengan media interaktif ini seorang siswa dapat mengulang kembali materi yang belum dikuasai sampai menguasai materi.

Berdasarkan pengalaman beberapa fasilitas seperti komputer, LCD, dan perangkat sound-system masih belum digunakan secara maksimal dalam mendukung proses pembelajaran.

Para guru masih menggunakan metode ceramah, khususnya pada mata pelajaran seni budaya atau seni musik. Selain itu siswa belum maksimal dalam menggunakan HP dengan berbagai aplikasi.

Baca juga:   Mudah Pahami Kisah Nabi Ilyasa AS dengan Metode Role Playing

Metode ceramah dalam menyampaikan materi tentu kurang menarik dan tidak terjadi suatu komunikasi dua arah. Sehingga banyak siswa yang tidak tertarik. Banyak di antara para siswa yang mengantuk.

Sebagai seorang pendidik maka harus terus berinovasi dalam melakukan proses kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik dan lebih bervariasi tentunya.

Penulis beberapa kali mencoba menerapkan Pembelajaran Musik IT pada SMP N 13 Semarang pada mata pelajaran seni budaya. Hasilnya, ternyata siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang kami lakukan. Lebih memaksimalkan kemampuan anak-anak untuk lebih aktif dalam penggunaan IT.

Salah satu contoh dalam aplikasi n-trek yang dapat didownload melalui playstore. Dalam penggunaanya siswa lebih berkonsentrasi dan fokus. Tentunya dengan pengawasan dalam membuat rekam suara. Ternyata hasilnya sangat baik.

Dengan melihat kegiatan siswa dapat disimpulkan pembelajaran sebisa mungkin kita sebagai seorang pendidik untuk lebih bisa update dalam perkembangannya. Yang terpenting dalam mengikuti perkembangan teknologi banyak hal yang akan dapat dilakukan dalam membantu pada proses pembelajaran. Tentu juga akan memperingan membantu siswa dalam mengembangkan minat dan bakat.

Baca juga:   Efektivitas Pembelajaran Sistem Suspensi Menggunakan Instructional Materials

Dengan teknologi, menjadikan pembelajaran seni musik menjadi lebih menarik. Siswa lebih termotivasi untuk belajar musik, siswa lebih belajar mandiri baik secara individu ataupun kelompok, mengenalkan teknologi yang positif pada siswa sehingga dapat memanfaatkan teknologi dengan baik.

Sedangkan untuk guru bisa memudahkan pendidik dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa dengan lebih menarik. Memotivasi guru untuk memaksimalkan pemanfaatan fasilitas di sekolah seperti layar LCD, laptop, sound-system computer/PC. Sementara bagi sekolah tentu bisa melengkapi fasilitas sekolah dengan multimedia pembelajaran yang inovatif, khususnya untuk pelajaran seni musik.

Mungkin artikel ini dapat digunakan sebagai bahan pemikiran ataupun inspirasi untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran yang lainnya, terutama pada mata pelajaran yang sering melakukan kegiatan penilaian praktik. (fth)

SMP N 13 Semarang

Author

Populer

Lainnya