Metode Cecek Tingkatkan Semangat Belajar APBN dan APBD

Oleh : Nur Hidayati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran Ekonomi merupakan materi yang sangat penting baik ditinjau dari aspek pengetahuan maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Ekonomi di kelas XI adalah tentang APBN dan APBD. Berbeda dengan kompetensi dasar lainnya, dalam materi APBN dan APBD ini lebih banyak menghafal dari pada menghitung.

Permasalahan intern yang timbul ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan materi hafalan berlangsung adalah minat dan motivasi belajar siswa yang masih rendah. Hal tersebut juga tampak dalam tingkah laku peserta didik MAN 1 Gunungkidul ketika pelajaran ekonomi berlangsung.

Ada beberapa kelompok peserta didik yang tidak memperhatikan dan mengacuhkan penjelasan dari guru, bahkan peserta didik cenderung lebih menikmati untuk mengobrol dengan teman-teman mereka dibandingkan memperhatikan penjelasan dari guru.

Ada juga siswa yang mengantuk ataupun melamun. Oleh sebab itu guru harus mempunyai kreativitas tinggi dalam memilih model pembelajaran yang menarik peserta didik. Model pembelajaran akan mampu merangsang keterlibatan siswa, sehingga siswa termotivasi dalam mengikuti pelajaran dan berkompetisi untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Agar upaya tersebut berhasil maka harus dipilih model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi serta lingkungan peserta didik sehingga peserta didik dapat aktif, interaktif, dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Baca juga:   Blended Learning untuk Pembelajaran Ekonomi Akuntansi di Tengah Pandemi

Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa selama mendampingi siswa MAN 1 Gunungkidul adalah model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dengan teknik cecek (cerdas cermat ekonomi).

Menurut Marjuki (2020 : 243) model Team Game Tournament adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang dipadukan dengan ajang kompetisi. Cerdas cermat ekonomi ini merupakan salah satu teknik yang bisa diterapkan dalam model pembelajaran Team Game Tornament. Dalam cerdas cermat ekonomi ini siswa diajak untuk berkompetisi untuk memenagkan tournament secara berkelompok.

Dalam metode Team Game Tournament dengan teknik cecek ini siswa dibagi beberapa kelompok secara heterogen. Setiap kelompok diberikan kesempatan membaca materi selama sepuluh sampai 15 menit. Setelah dirasa cukup, maka setiap kelompok diberikan soal secara lisan. Soal tersebut terdiri dari soal wajib dan soal rebutan.

Dalam cerdas cermat ekonomi ini, permainan dibagi menjadi 2 babak. Babak pertama dengan soal wajib dan babak ke dua dengan soal rebutan. Dalam soal wajib yang dibacakan oleh guru setiap kelompok diberikan 5-10 soal yang cukup dijawab dengan jawaban benar salah atau jawaban singkat. Skor setiap soal 100 jika di jawab benar dan 0 jika jawabannya salah.

Baca juga:   Metode Investigasi Menumbuhkan Kreativitas Siswa di Masa Pandemi

Di babak ke dua ini setiap kelompok diberikan kesempatan untuk menjawab soal secara rebutan. Adapun jumlah soal rebutan terdiri dari 15 soal isian singkat. Poin atau cara penilaian dalam babak rebutan ini adalah skor 100 jika jawaban benar dan skor minus 100 jika jawaban salah. Skor setiap kelompok di tulis di papan tulis, untuk memotivasi siswa memperoleh nilai tertinggi dan memenangkan kompetisi.

Setelah tournament ini selesai, akhirnya dapat diketahui jumlah skor dari setiap kelompok. Sehingga dapat diketahui kelompok mana yang mendapat skor tertinggi. Kelompok yang mendapat skor tertinggi inilah yang memenangkan kompetisi. Kemudian guru memberikan reward kepada kelompok yang mendapatkan skor tertinggi.

Melalui metode pembelajaran cecek (cerdas cermat ekonomi) ini penulis menyimpulkan bahwa siswa lebih terpacu untuk belajar ekonomi secara aktif, interaktif dengan suasana menyenangkan. Siswa akan termotivasi untuk memenangkan berkompetisi sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya. (rs2/lis)

Guru Ekonomi di MAN 1 Gunungkidul

Author

Populer

Lainnya