Belajar Perang Dingin dengan Media Liveworksheet

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN pada masa pandemi sekarang memang ngalami banyak sekali kesulitan dan tantangan yang sangat besar, di lihat dari berbagai macam sudut pandang. Kesulitan dan tantangan di lihat dari siswa, mereka sering mengalami kesulitan di dalam mengikuti pembelajaran dengan berbagai macam media atau aplikasi yang di gunakan oleh para guru untuk mapel yang berbeda.

Para siswa juga kesulitan dalam mengikuti materi yang di sampaikan oleh para guru karena mereka juga sering kali kesulitan sinyal bahkan seringkali anak tidak mempunyai kuota untuk mengikuti pembelajaran. Tantangan yang paling berat untuk para siswa, terutama siwa SMA adalah mereka malas membaca tetapi malah mengunakan hp mereka untuk bermain game.

Masa Pandemi sekarang ini menuntut guru untuk belajara cepat tentang teknologi dan kreatif dalam menyampakain materi pelajaran guna menarik siswa untuk mengikuti pelajaran dan mempermudah siswa dalam belajar.

Media dalam pembalajaran adalah salah satu sarana untuk meningkatkan minat dan seamangat belajar bagi siswa guna meningkatkan hasil belajar. SEkarang ini banyak sekali media yang di sediakan di Internet untuk mendukung proses pemblajaran diantaranya adalah: teams, Canva, google classroom, liveworksheet dan masih ada aplikasi lainnya.

Menurut Djamarah dan Zain(2013,hlm.120) media berasal dari bahasa latin dan berbentuk jamak berasal dari kata “medium” yang mempunyai arti secara harafiah “perantara atau pengantar”. Oleh sebab itu media dapat merupakan alat informasi untuk membantu menyampaikan atau menyalurkan pesan gua membantu guru menyampaikan materi pelajaran.

Fungsi Media Pembelajaran Menurut Oemar Hamalik(dalam Ahmad Fujiyanto,dkk., 2016,hlm. 843), “pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.” Pesan pembelajaran yang disampaikan guru tanpa menggunakan media akan terasa hambar dan tidak akan membekas jika tidak menggunakan media.

Baca juga:   Kebugaran Jasmani Materi Penting di Masa Pandemi Covid-19

Begitupun semangat siswa untuk belajar sangat rendah bahkan bisa dikatakan tidak ada. Ketika pembelajaran sudah mencapai titik jenuh dan tidak ada semangat siswa untuk melanjutkan kegiatan belajar. Sedangkan Gagne(dalam Arda,dkk.,2015,hal. 69) menyatakan media mempunyai beragai macam komponen dalam proses pembelajaran guna merangsang siswa untuk mengikuti pelajaran.

Materi Perang dingin adalah peristiwa yang sudah lama terjadi di mana siswa tidak mengalaminya, jadi para siswa seringkali kesulitan dalam menyerap materi tentang Perang dingin. Dari sinilah maka pembelajaran di laksanakan dengan bantuan media powerpoint dalam penyampaian materi sedangkan untuk soal-soal interaktif mengunakan media liveworksheet. Kali ini kita akan membahas tentang media liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Perang Dingin.

Liveworksheet merupakan media untuk membuat soal secaraaplikatif dan menarik untuk siswa mau dan mampumengerjakan soal dengan hasil yang sangat memuasakan. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan media liveworksheet.

Langkah-langkah pembuatan soal interaktif dengan liveworksheet pada awalnya kita mebuat sala-soal terlebih dahulu di word dengan soal yang beragam bentuknya, diantaranya bentuk: soal pilihan ganda, soal isian singkat, soal drop down, soal chek box, soal join arrow, soal drag and drop dan soal word search.

Baca juga:   Google Classrrom sebagai Altenatif Pembelajaran Jarak Jauh

Setelah soal selesai maka langkah selanjutnya adalah masuk ke google kembali dan mencari liveworksheet, pada awalnya kita membuat akun terlebih dahulu dalam liveworksheet. Setelah kita mempunyai akun maka utuk langkah selanjutnya pilih menu Make interactive worksheet, kemudian pilih get started untuk upload file yang kita buat di word tadi tapi sudah di rubah dalam pdf, maka soal sudah siap di edit.

Langkah selanjutnya adalah pengeditan bentuk soal, pada soal pilihan ganda maka setiap jawaban di beri kotak dobel guna menuliskan perintah select: yes untuk jawaban benar dan select:no untuk jawaban salah. Untuk soal isian singkat tinggal membuat kotak di samping pertanyaan guna memberikan tempat untuk jawaban, untuk jawaban singkat bisa langsung di beri kunci sedangkan untuk jawaban paragraf panjang maka perlu di koreksi sendiri.

Pengunaan media liveworksheet ternyata sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa terbukti dengan adanya hasil belajar yang telah di ukur mengunakan media liveworksheet mendapatkan nilai yang sangat memuasakan. Media liveworksheet ternyata sangat efektif untuk mengajak siswa fokus dalam menegerjakan soal dan mereka aktif dan senang dalam menegrjakannya sebab soal dapat di buat bervareatif.

Penerapan media liveworksheet dapat di gunakan dalam semua mapel untuk menarik siswa dalam mengerjakan soal. Para guru memang perlu mengembangkan kereativitasnya dalam pembuatan media guna menarik siwa terlibat dalam proses belajar mengajar untuk menghasilkan pencapaian proses belajar dengan maksimal dan menyenangkan. (agu1/bas)

Guru SMA Negeri 1 Grabag

Author

Populer

Lainnya