Pembuatan Video Pembelajaran Animasi dengan Animaker

Oleh : Sri Wulan Fitriani, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kondisi pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada pembelajaran yang belum bisa dilaksanakan secara tatap muka secara penuh untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sehingga pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah dilakukan secara daring, luring, atau kombinasi keduanya. Menurut KKBI Kemendikbud Pusat, daring artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Sedangkan luring adalah akronim dari luar jaringan; terputus dari jejaring komputer. Untuk itu, para pendidik dituntut untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan TIK dalam membuat sebuah media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Salah satu alternatif media pembelajaran efektif yang bisa digunakan adalah video animasi. Video animasi sendiri adalah sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya.

Animaker adalah salah satu software animasi dan pembuat animasi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh guru. Aplikasi ini mudah dan efektif untuk digunakan, sehingga nantinya guru dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat media pembelajaran karena praktis dan mudah untuk dipelajari.

Baca juga:   Menjelaskan Hakikat Bangsa melalui Problem Based Learning

Keunggulan produk media pembelajaran video berbasis animasi ini diantarannya yaitu media pembelajaran video animasi ini dapat membuat minat belajar anak lebih meningkat, dapat memberikan kesenangan dalam proses pembelajaran dan materi yang dipelajari akan mudah dipahami.

Animaker sangat mudah digunakan, karena karakter dan template sudah tersedia. Kita tinggal buka Google, ketik dalam penelusuran animaker.com. Klik Sign Up, kemudian klik Google, maka akan langsung terdaftar dengan catatan Chrome sudah diaktifkan akun googlenya. Klik pilihan sekolah sebagai guru. Cari dashboard, klik create, akan muncul create a video dan pilihan blank page.

Menu pertama akan muncul characters. Disini kita bisa memilih berbagai macam karakter sesuai dengan keinginan kita. Setelah kita menetukan karakter yang di inginkan, tinggal drag (klik tahan kemudian geser) karakter ke bagian templete. Pada bagian samping ada menu Action (gerakan) dan juga Expression (akspresi) yang bisa kita pilih seperti gerakan tangan atau ekspresi menangis dan masih banyak yang lainnya.

Gaya, ukuran, jenis fonts tulisan dan background (latar belakang) tinggal kita pilih. Kita juga dapat menyisipkan gambar, video, musik di menu atau yang tersimpan di laptop. Pengisian suara dapat dilakukan dari hasil rekaman secara langsung atau mengambil file yang sudah ada. Atau dengan mengubah teks menjadi suara melalui Animaker Voice. Jadi apapun yang akan kita katakan atau jelaskan pada video pembelajaran, tinggal diketik saja.

Baca juga:   Liveworksheets Solusi untuk Lembar Kerja Pembelajaran Daring yang Menarik

Kita dapat melihat hasil kreasi video animasi per scene/slide. Jika ingin melihat secara keseluruhan tinggal klik lambang play. Langkah terakhir adalah klik publish, download video, maka akan tersimpan di akun Cloud Animaker. Agar dapat tersimpan di komputer / laptop, maka klik sekali lagi download. Beri nama file dan simpan. Jika menemukan kesulitan dalam pembuatan animaker, kita tinggal browsing di Google. Banyak video tutorial yang telah tersedia.

Diharapkan dengan penggunaan Animaker dalam membuat video animasi yang menarik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa serta membantu siswa memahami materi yang disampaikan. Siswa akan lebih tertarik dan tidak bosan saat mengikuti pembelajaran. Animaker dapat digunakan sebagai salah satu pilihan untuk membuat video animasi pembelajaran di segala kondisi. Baik secara daring, luring, atau kombinasi keduanya. (ra1/ton)

Guru Kelas 1 SDN Cebongan 02 Salatiga

Author

Populer

Lainnya