Google Meet Tingkatkan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang

Oleh: Siwi Ambastari, S.Pd.SD., M.Si.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang memerlukan koneksi internet dalam penggunaannya. Pembelajaran daring dapat digunakan secara fleksibel di saat pandemi Covid-19 saat ini. Pembelajaran daring memungkinkan siswa memilki keleluasaan karena dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Namun yang terjadi di lapangan sering berbanding terbalik, karena guru masih menggunakan metode belajar yang tidak variatif, pemberian tugas melalui aplikasi WhatsApp terbatas pada pembelajaran satu arah dan berpusat pada guru sehingga tujuan pembelajaran belum dapat tercapai.

Guru mengajar secara daring tetapi belum memaksimalkan Google Meet yang juga menyediakan fitur Video Call, sehingga interaksi sosial antara guru dan peserta didik secara online kurang optimal. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang semangat dalam belajar yang pada akhirnya hasil belajar kurang maksimal. Hanya dengan membaca, mendengarkan dan melihat video materi pembelajaran matematika tidak bisa diserap dengan baik. Matematika membutuhkan penjelasan yang lebih, motivasi yang lebih, pembelajaran interaktif yang dibutuhkan.

Perlu diketahui salah satu produk yang dihasilkan oleh Google adalah Google Meet yang merupakan salah satu platform komunikasi yang saat ini banyak digunakan. Google Meet baru dirilis pada Februari 2017, dan merupakan jenis media pembelajaran audio-visual karena dapat mengeluarkan suara dan gambar. Selain itu Google Meet juga termasuk ke dalam jenis media pembelajaran hasil teknlogi komputer. Penggunaan Google Meet diharapkan dapat mempermudah guru dan siswa dalam berinteraksi. Google Meet dapat digunakan sebagai media untuk mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada siswa melalui layanan Video Conference.

Baca juga:   Pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh Lebih Efektif dengan Video Interaktif

Dari hasil observasi di kelas VI SD Negeri Ngesrep 03 Kota Semarang, penulis menemukan suatu permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurang aktifnya peserta didik pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang. Hal ini ditunjukkan dari jumlah perolehan nilai peserta didik pada evaluasi akhir pembelajaran yang dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran materi volume bangun ruang. Dari peserta didik berjumlah 21 orang yang mendapat nilai memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal =70) hanya 7 orang atau berkisar 33% dan berarti 67% (14 orang) belum tuntas.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka guru menggunakan Google Meet menjadi pilihan untuk diterapkan pada kelas VI SD Negeri Ngesrep 03 Kota Semarang. Implementasi google meet pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang di kelas VI SDN Ngesrep 03 Semarang tercermin dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi sebagai berikut: 1) Guru memanggil peserta didik secara bergantian melalui google meet, 2) Melalui google meet, guru mengirimkan materi dari link youtube dan mengarahkan peserta didik untuk mengamati tayangan video tentang volume berbagai bangun ruang, 3) Melalui google meet guru dan peserta didik mengadakan tanya jawab tentang video yang telah disaksikan, 4) Melalui google meet guru membimbing peserta didik menganalisis volume berbagai bangun ruang, 5) Peserta didik dipersilahkan bertanya tentang volume bangun ruang yang belum dipahami.

Baca juga:   Permainan “Mosik” untuk Meningkatkan Keaktifan dan Karakter Siswa

Hasil evaluasi setelah penggunaan google meet, terlihat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata dari 65 menjadi 85. Sedangkan persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 33% menjadi 86%. Sisanya sebanyak 3 peserta didik (14%) terkendala jaringan dan fasilitas. Jadi kesimpulannya adalah penggunaan google meet dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada peserta didik kelas VI SDN Ngesrep 03 Semarang. (pr1/ton)

Guru SD Negeri Ngesrep 03 Banyumanik Semarang

Author

Populer

Lainnya