Dengan Podcast Bimbingan TIK Menjadi Menyenangkan

Oleh: Setiyo Budi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, TEKNOLOGI informasi dan komunikasi berperan besar sebagai pondasi infrastruktur peningkatan pembelajaran di mana bahan ajar tersedia dalam format digital sehingga proses belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Siswa tidak harus terpaku belajar pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. Saat senggang dan sedang berada di tempat umum, ssiwa tetap bisa belajar melalui gadget mereka. Dengan perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi membuat proses belajar-mengajar jadi lebih inovatif dan menyenangkan.

Cara tersebut juga dikenal efektif karena lebih modern. Untuk itu para guru wajib untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi agar bisa mengajar sesuai tren yang sedang berkembang. Siswa pun bisa mengeksplorasi ilmu pengetahuan dengan lebih luas dan secara mandiri.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada pendidikan di Indonesia, pelaksanakan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para siswa, para guru, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi.

Baca juga:   Mencipta Puisi Mengalir dengan Respons Alam

Salah satu kekurangan dari proses pembelajaran daring adalah siswa yang merasa tidak bisa memahami materi dengan baik. Selain itu, guru juga harus kreatif memiliki cara baru agar siswa dapat memahami materi secara mudah. Salah satu cara alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh guru adalah video podcast sebagai media pembelajaran. Seperti yang penulis gunakan saat memberikan materi bimbingan TIK pada siswa kelas IX SMPN 9 Salatiga, Kota Salatiga pada materi jaringan internet.

Podcast merupakan hasil rekaman video yang dapat dilihat oleh khalayak ramai yang disiarkan melalui jaringan internet. Guru dalam menyampaikan materi pada platform Podcast dapat diisi dengan beragam tema dan dalam Podcast dapat disiarkan dan menjangkau siswa-siswa lain di seluruh dunia.

Pada saat pembuatan video Podcast penulis mengunakan software Open Broadcaster Software (OBS). Dengan OBS studio kita bisa merekam penjelasan materi serta memberi tugas secara langsung. Materi tentang gambar jaringan internet dapat ditampilkan dengan jelas disertai dengan penjelasan dari guru.

Saat video podcast disiarkan secara streaming siswa dapat mengikutinya secara langsung dan dapat menanyakan hal yang belum mereka pahami melalui live chat, guru pun dapat langsung menjawab pertanyaan dari siswa. Sehingga pembelajaran jarak jauh ini dapat berjalan secara interaktif dan menyenangkan. Jika siswa ada yang tidak bisa mengikuti siaran podcast secara streaming maka siswa tersebut dapat melihat video podcast melalui channel youtube yang telah dibagika di Telegram grup kelas.

Baca juga:   Elektronic Votting, Alternatif untuk Pemilihan Ketua OSIS di Masa Pandemi

Dengan menggunakan media podcast ini dapat meningkatkan keaktifan dan rasa ingin tahu siswa terhadap apa yang mereka pelajari. Siswa terlihat senang dan lebih kreatif karena muncul banyak pertanyaan yang menarik yang bisa didiskusikan bersama-sama, baik antar siswa yang saling bertanya dan menjawab serta antara siswa dan guru yang saling bertanya dan menjawab menggunakan media ini.

Sehingga guru dapat melakukan evaluasi tentang materi yang di rasa belum dimengerti oleh siswa dan materi yang sudah dimengerti oleh siswa. Sehingga kegiatan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan optimal yang dapat ditandai dengan tingkat pemahaman materi oleh siswa dengan baik yang dapat diukur dari hasil penilaian ulangan harian maupun hasil penilaian semester yang meningkat. (pr1/zal)

Guru SMPN 9 Salatiga

Author

Populer

Lainnya