Asyiknya Belajar Gerhana Bulan dan Matahari melalui Metode Demonstrasi

Oleh: Amat Durokhim, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar belajar merupakan suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia dimana perubahan tersebut ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan lainnya.

Maka, untuk melakukan perubahan dari tidak bisa menjadi bisa diperlukan metode yang tepat dan media yang menarik perhatian siswa. Walaupun pada praktik di kelas pembelajarannya terdapat kendala sebagaimana dialami penulis di SD Negeri Salit Kecamatan Kajen Kelas VI (enam) masih banyak siswa yang kurang memahami materi pembelajaran gerhana bulan dan matahari.

Penulis menggunakan metode demonstrasi untuk memudahkan belajar siswa dan menarik perhatian siswa sehingga merasa senang dan termotivasi dalam menggali pengetahuan.

Tujuan pembelajaran pada materi pembelajaran gerhana bulan dan gerhana matahari bahwa siswa dapat membuat project (gambar) dan atau simulasi (video) tentang proses terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari kemudian melakukan presentasi setiap kelompok.

Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Menurut Aminuddin Rasyad (2002:08), metode demonstrasi adalah cara pembelajaran dengan meragakan, mempertunjukkan atau memperlihatkan sesuatu di hadapan murid di kelas atau di luar kelas.

Baca juga:   Pengaruh Penguasaan Konten dalam Bimbingan Belajar Kemandirian

Adapun langkah –langkah pembelajaran gerhana bulan dan matahari melalui metode demonstrasi di kelas VI (Enam) sebagai berikut : Pertama, guru melakukan apersepsi dan memberikan motivasi yang menggugah semangat. Lalu merumuskan dengan jelas kecakapan dan atau keterampilan tentang proses terjadinya gerhana bulan dan matahari. Setelah itu, guru mempergunakan media gambar –gambar yang menceritakan proses terjadinya gerhana bulan dan matahari.

Ini dilakukan jika dalam kelas luring. Namun jika kelas daring bisa menggunakan aplikasi android yang mendukung untuk penampilan slide proses terjadinya gerhana bulan dan matahari. Kemudian, guru juga perlu memperhatikan bahwa alat-alat yang diperlukan untuk demonstrasi itu bisa didapat dengan mudah, dan sudah dicoba terlebih dahulu supaya waktu diadakan demonstrasi tidak gagal. Setelah itu, jumlah siswa memungkinkan untuk diadakan demonstrasi dengan jelas.

Selanjutnya, Guru menetapkan garis-garis besar langkah-langkah yang akan dilaksanakan, sebaiknya sebelum demonstrasi dilakukan, sudah dicoba terlebih dahulu supaya tidak gagal pada waktunya. Lalu, memperhitungkan waktu yang dibutuhkan, apakah tersedia waktu untuk memberi kesempatan kepada siswa mengajukan pertanyaanpertanyaan dan komentar selama dan sesudah demonstrasi.

Baca juga:   Tingkatkan Pembelajaran IPA dengan Metode Demonstrasi

Selama demonstrasi berlangsung, perlu diperhatikan keterangan-keterangan dapat didengar dengan jelas oleh siswa, alat-alat telah ditempatkan pada posisi yang baik, sehingga setiap siswa dapat melihat dengan jelas dan telah disarankan kepada siswa untuk membuat catatan-catatan seperlunya. Setelah itu, menetapkan rencana untuk menilai kemajuan siswa.

Sering perlu diadakan diskusi sesudah demonstrasi berlangsung atau siswa mencoba melakukan demonstrasi. Kemudian, merealisasikan setelah guru memperagakan atau mempertunjukkan suatu proses atau cara melakukan sesuatu sesuai materi yang diajarkan. Kemudian siswa disuruh untuk mengikuti atau mempertunjukkan kembali apa yang telah dilakukan guru. Dengan demikian unsur-unsur manusiawi siswa dapat dilibatkan baik emosi, intelegensi, tingkah laku serta indera mereka, pengalaman langsung itu memperjelas pengertian yang ditangkapnya dan memperkuat daya ingatnya mengetahui apa yang dipelajarinya. (pr1/ton)

Guru Kelas VI SD Negeri Salit Kajen

Author

Populer

Lainnya