Menjadikan Kulit Jeruk Media yang Murah, Sederhana dan Efisien

Oleh : Titik Lestariningsih, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Selain itu guru dituntut untuk dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia (Azhar : 2).

Pada mata pelajaran matematika kelas 9 semester 2 terdapat materi pokok yaitu luas permukaan bola dengan kompetensi dasar membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut dan bola). Pada indikator pembelajaran menentukan luas permukaan untuk memudahkan peserta didik dalam mencari luas permukaan bola, guru dapat menggunakan media yang murah dan menarik.

Berdasarkan tuntutan kompetensi dasar pada materi pokok luas permukaan bola tersebut penulis sebagai pengajar mata pelajaran matematika di SMP Negeri 13 Semarang membuat media pembelajaran yang murah, sederhana dan efisien dari kulit jeruk.

Baca juga:   Karyawisata Solusi Kejenuhan Siswa

Penulis menerapkan model pembelajaran discovery learning (DL) dan membuat lembar kerja peserta didik (LKPD). Para peserta didik dibimbing oleh penulis untuk menemukan sendiri konsep-konsep luas permukaan bola menggunakan media kulit buah jeruk dengan langkah – langkah pembuatan media dari kulit jeruk tersebut yaitu 1) Memotong buah jeruk menjadi dua bagian yang sama besar, masing-masing berbentuk setengah lingkaran. 2) Menggambar 4 buah lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk. 3) Mengupas semua kulit jeruk berbentuk setengah bola tersebut. 4) Memotong semua kulit jeruk dengan ukuran kecil-kecil. 5) Menempelkan seluruh potongan kulit jeruk masing-masing dari satu belahan jeruk pada dua lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk. 6) Menemukan bahwa potongan kulit jeruk yang berasal dari satu bagian setengah bola buah jeruk akan menutupi seluruh permukaan kedua lingkaran.

Selama proses pembelajaran para peserta didik terlihat sangat senang dan saling bekerja sama dengan kelompoknya, dengan bimbingan dan arahan penulis sebagai pengajar para peserta didik dapat menemukan sendiri konsep – konsep luas permukaan bola menggunakan media kulit jeruk tersebut yaitu 1) Luas setengah bola sama dengan dua kali luas lingkaran dan 2) luas permukaan bola sama dengan empat kali luas lingkaran.

Baca juga:   Alat Peraga Sederhana Efektif untuk Memahami Hukum I Newton

Pada masa pandemi sekarang ini di mana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dilaksanakan masih secara terbatas maka penerapan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan kulit jeruk sebagai media pembelajaran menurut penulis tetap dapat dilakukan yaitu dengan melaksanakannya secara pribadi atau mandiri, peserta didik tidak berkelompok, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan bagi peserta didik yang melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dapat melakukannya secara mandiri dengan bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikirim melalui Google Classroom atau melalui WA group. Pemilihan model pembelajaran discovery learning dan media pembelajaran yang murah, sederhana dan efisien dari kulit jeruk tersebut menurut penulis hanyalah salah satu contoh, masih banyak benda lain yang dapat dimanfaatkan sebagai media yang tepat dan sesuai dengan tuntutan kompetesi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (fkp1/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 13 Semarang.

Author

Populer

Lainnya