Penggunaan Flashcard untuk Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris

Oleh Ratna Hikmawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang penting di era globalisasi saat ini. Kemampuan ini meliputi empat keterampilan yaitu membaca ( reading ), mendengarkan (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Empat keterampilan tersebut didukung oleh aspek bentuk lain yaitu fonologi, kosa kata dan tata bahasa.

Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi tetapi juga dapat memudahkan seseorang untuk beradaptasi derngan lingkungan.

Bahasa Inggris sebagai bahasa asing membutuhkan penguasaan kosa kata yang cukup baik karena kosa kata merupakan jendela baru untuk memperluas pengetahuan dalam mempelajari bahasa asing.

Pada kompetensi dasar kelas VII, SMP Negeri 2 Ulujami, kenyataannya banyak siswa yang belum menguasai kosa kata dengan baik.

Sebagian dari mereka merasa kurang bersemangat dan sulit mengungkapkan ide dan gagasan dengan demikian guru perlu menerapkan media yang tepat dalam proses pembelajaran ntuk meningkatkan penguasaan siswa dalam kosakata.

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga daapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2002:2).

Dengan adanya media siswa merasa terbantu untuk memahami dan mengolah informasi yang mereka tangkap. Untuk itu penulis menggunakan media flashcard untuk mengajarkan kosa kata di SMP N 2 Ulujami.

Baca juga:   Penurunan Motivasi dan Keaktifan Siswa selama Pembelajaran Daring

Flashcard adalah kata- kata bergambar yang di lengkapi kata – kata yang diperkenalkan Glenn Doman, seorang dokter ahli bedah otak dari Philadelphia Pennsylavia.

Tujuan dari penggunaan media ini untuk melatih kemampuan siswa untuk mengingat gambar dan kata – kata sehingga mereka lebih cepat menerimaa informasi yang mereka terima. Media flashcard dapat dengan mudah membantu siswa mengingat kosa kata baru yang sedang dipelajari.

Dalam pembuatan media flashcard ada beberapa cara yang harus dipersiapkan . menurut susilana, dan Riyana (2009: 95), ada beberapa cara dalam pembuatan media flashcard, agar medianya layak dipakai di dalam proses pembelajaran. Pertama, siapkan kertas yang agak tebal seperti kertas duplek dari bahan kardus.

Kertas ini berfungsi untuk menyimpan atau menempelkan gambar gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kedua, kertas tersebut diberikan tanda dengan pensil atau spidol dan menggunakan penggaris, untuk menentukan ukuran 25X30cm. Ketiga, potong- potong kertas tersebut dengan menggunakan gunting atau pisau sehingga tepat berukuran 25X30 cm.

Keempat, jika objek gambar akan langsung dibuat dengan tangan, lapisi dengan kertas halus untuk memggambar. Kelima, mulailah memggambar dengan menggunakan alat gambar atau membuat desain menggunakan komputer dengan ukuran yang sesuai setelah itu ditempelkan pada alas tersebut.

Baca juga:   Modul Sebuah Alternatif dalam PJJ Bahasa Inggris

Keenam, tempelkan menggunakan perekat atau lem kemudian pada bagian akhir adalah memberikan tulisan pada bagian kartu kartu tersebut sesuai dengan nama objek yang ada di depannya. Setelah kartu kartu selesai dibuat, media ini siap untuk digunakan dalam pembelajaran.

Langkah-langkah penggunaan flashcard dalam proses pembelajaran sebagai berikut : Pertama, kartu yang telah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap ke arah siswa. Kemudian menampilkan satu persatu kartu tersebut setelah guru selesai menjelaskan.

Setelah itu, memberikan kartu-kartu yang telah diterangkan kepada siswa sacara acak dan berputar bergilir untuk diawali setiap siswa dalam satu kelas. Langkah terakhir, apabila flascard dikombinasikan dengan permainan maka penggunaannya bisa disesuaikan dengan permainan tersebut.

Pembelajaran kosa kata dengan menggunakan media flashcard dapat memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaa kosa kata bahasa Inggris. (ct1/ton)

Guru SMP N 2 Ulujami

Author

Populer

Lainnya