Materi Hubungan Pelaku Ekonomi Lebih Mudah dengan Schoology

Oleh : Doto

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Hubungan antarpelaku ekonomi merupakan salah satu materi sulit dalam mata pelajaran Ekonomi. Sesuai Kurikulum 2013, materi ini diajarkan bagi siswa kelas X SMA pada semester gasal.

Materi lain yang secara umum dianggap sulit pada semester tersebut adalah memahami grafik atau gambar yang berkaitan dengan biaya produksi, laba perusahaan, permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan. Dalam pembelajaran, kesulitan para siswa semakin diperparah oleh perbedaan gaya belajar.

Menurut Bobbi De Poter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning (2010: 116), ada tiga kelompok besar gaya belajar, yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Vanderbilt University menambahkan gaya belajar membaca/menulis atas tiga gaya belajar tersebut, sebagai yang paling populer di antara 70 model lainnya (Nancy Chick, 2010). Untuk memfasilitasi perbedaan gaya belajar tersebut, schoology bisa menjadi salah satu pilihan.

Fitur add materials dengan pilihan add adfile/external tool, link ataupun berupa add page sangat berguna bagi siswa yang bergaya belajar membaca/menulis. Dengan fitur ini guru dapat membuat tulisan secara mendetail dan gamblang tentang hubungan antarpelaku ekonomi. Materi ditampilkan pada aplikasi dengan mengeklik add materials kemudian pilih add file.

Guru juga bisa memberikan materi bacaan tersebut dengan menuliskannya menggunakan fitur add page. Untuk siswa yang bergaya belajar membaca/menulis, guru juga bisa memanfaatkan fasilitas add link. Guru bisa berselancar di internet mencari materi hubungan antarpelaku ekonomi.

Jika sudah menemukan link materi yang sesuai, guru tinggal mengopikan tautan materi tersebut dengan mengeklik add materials kemudian pilih add link. Guru juga bisa menambahkan tautan tersebut pada aplikasi schoology dengan mengeklik ikon insert content pada page, kemudian pilih link.

Baca juga:   Pengajaran Bahasa Inggris Asyik dengan Sway

Fitur add materials berupa add file/external, link ataupun berupa add media juga sangat membantu bagi siswa yang bergaya belajar auditori. Guru dapat membuat rekaman suara yang berisi materi hubungan antarpelaku ekonom dan materi lainnya. File materi dalam ekstensi mp3 tersebut ditambahkan dalam aplikasi schoology dengan mengeklik add material kemudian pilih add file. Guru juga bisa menempelkannya dengan mengeklik add materials kemudian pilih add media.

Fasilitas add materials berupa add file dan add media juga sangat membantu siswa yang bergaya belajar audiovisual. File dan media berupa rekaman gambar dan suara dapat ditempelkan pada aplikasi schoology dengan fasilitas tersebut. Guru dapat membuat rekaman video tentang materi hubungan antarpelaku ekonomi baik dengan apikasi Camtasia, OBS Studio, Video Pad dan aplikasi sejenis lainnya.

Selain keberadaan fitur tersebut, guru dan siswa juga diuntungkan dengan adanya fasilitas add discussion. Setelah membaca, mendengarkan dan melihat materi, siswa dapat menanyakan hal yang belum dipahami. Siswa lain dapat membantu guru dalam menjawab pertanyaan seorang siswa. Begitu juga guru, ia bisa memberikan pertanyaan untuk memancing keaktifan siswa dalam KBM serta menjawab pertanyaan.

Baca juga:   Belajar Efektif Peran Pelaku Ekonomi dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar

Manfaat lain penggunaan schoology dalam pembelajaran online adalah ketersediaan data dalam jangka panjang. Data yang diunggah di aplikasi schoology akan disimpan di server pengembang sehingga guru dan siswa tdak perlu khawatir terhadap kapasitas penyimpanan pada perangkat yang dimilikinya.

Dari segi sisiwa, mereka dapat mengakses materi langsung pada aplikasi, tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu. Siswa juga bisa membuka kembali materi pembelajaran terdahulu jika masih merasa perlu.

Schoology juga menyediakan fasilitas kuis. Selain bisa diatur untuk melakukan penilaian harian, kuis dapat diperlakukan sebagai sarana apersepsi dan refleksi hasil pembelajaran. Kuis sebagai apersepsi diberikan di awal KBM sebagai pengukur kemampuan atas materi KBM sebelumnya. Kuis juga bisa diatur untuk memotivasi siswa memulai KBM tepat waktu. Sementara itu, kuis sebagai refleksi, dapat diberikan di akhir KBM. Kuis sebagai refleksi diberikan untuk mengetahui daya serap anak terhadap materi KBM yang baru saja dipelajari.

Semua fasilitas di atas dapat dimasukan dalam folder pembelajaran sehingga dapat dipandang sebagai one stop services. Guru dapat memberikan subfolder petunjuk tentang langkah pembelajaran yang harus dilakukan siswa. Dalam subfolder tersebut, guru memberikan langkah yang sebaiknya dilakukan siswa sesuai gaya belajar masing-masing. Sehingga berbagai gaya belajar siswa dapat dilayani dengan fasilitas berbeda namun masih dalam folder pembelajaran yang sama. (ms1/lis)

Guru SMAN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya