Belajar Menulis Puisi Berdasar Gambar melalui Metode Brainwriting

Oleh : Eti Mugi Utami, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan kegiatan berbahasa yang bersifat produktif untuk menyampaikan gagasan, perasaan atau informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan. Secara etimologis, kata puisi diambil dari Bahasa Yunani poeis yang artinya penciptaan, dan dalam bahasa Inggris disebut poem atau poetry yang berarti membuat.

Puisi banyak jenis dan subjeknya, puisi diisi dengan makian, kehilangan, keinginan, penolakan, penghindaran, pemuja, dan penggantian kata benda. Puisi adalah ekspresi seseorang yang bersifat artistik dalam bahasa yang indah dan berirama, sehingga menjadikannya rangkaian bunyi yang indah.

Kata puitis sudah mengandung keindahan yang khusus untuk puisi, di samping itu puisi dapat membangkitkan perasaan yang menarik perhatian, menimbulkan tanggapan yang jelas atau secara umum menimbulkan keharuan.

Puisi itu bertujuan untuk menyampaikan informasi namun dikemas dalam bentuk yang padat dan terkonsentrasi dan pada saat yang sama, Puisi mengungkap banyak dimensi lewat sejumlah kata yang dikomunikasikan sangat beragam. Mengungkap mulai dari pengalaman pribadi penyair sampai renungan hidup tentang manusia, pengamatan dirinya tentang lingkungan dan pesan moral, edukatif, religius, dan filosofi.

Adapun unsur-unsur puisi itu ada dua unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik puisi bisa dilihat dari dua segi yaitu dari unsur isi dan unsur bentuk. Dari unsur isi meliputi tema dan perasaan sedangkan dari unsur bentuk meliputi larik, bait, pertautan antar bait, rima atau sajak, pengimajian atau citraan yang berhubungan dengan panca indra. Sedangkan unsur ekstrinsik meliputi pendidikan penyair, budaya, sosial, religi, adat dan nilai-nilai.

Baca juga:   Urgensi  Mempelajari  Sejarah

Media berbasis gambar memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media gambar dapat memperlancar, misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi dan memperkuat ingatan. Gambar dapat pula menumbuhkan minat peserta didik dan dapat memberikan hubungan antara misi materi pelajaran dengan dunia nyata.

Kelebihan media gambar di antaranya sifatnya konkret, gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu, dapat juga mengatasi keterbatasan pengamatan pengamatan kita, media gambar murah dan mudah didapat serta digunakan tanpa memerlikan peralatan khusus.

Brainwriting adalah sebuah teknik pembelajaran yang cara penyampaiannya melalui sebuah tulisan atau tertulis. Brain berarti otak, write berarti menulis jadi brainwriting adalah menulis segala sesuatu yang terlintas diotak. Metode brainwriting adalah suatu teknik mencurahkan gagasan tentang suatu pokok permasalahan yang dilakukan secara tertulis. Sesuai dengan fungsinya yaitu teknik brainwriting dapat memotivasi siswa untuk memunculkan banyak ide untuk menulis puisi.

Hal tersebut dapat menjadi alasan metode brainwriting dapat dijadikan alternatif strategi dalam pembelajaran puisi. Adapun langkah – langkahnya adalah pertama membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kedua guru membagikan lembar kertas kerja brainwriting pada setiap siswa dan menentukan tema puisi yang akan mereka tulis dan seterusnya.

Baca juga:   Serunya Belajar Berhitung Sambil Bermain Congklak

Metode brainwriting juga mempunyai kelebihan diantaranya dapat menghasilkan ide-ide lebih banyak, mengurangi kemungkinan konflik antar anggota dalam kelompok perdebatan dan dapat dikombinasikan dengan teknik kreatifitas lainnya untuk meningkatkan jumlah ide yang dihasilkan pada topik tertentu. Penggunaan metode brainwriting dapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa untuk menulis puisi.

Metode brainwriting menarik perhatian siswa dan akan mengatasi kebosanan atas pembelajaran konvensional yang disajikan guru. Metode brainwriting dapat membantu guru menyampaikan pesan secara konkret dan memberikan visualisasi yang diamati oleh indra penglihatan sehingga membantu siswa memahami konsep materi pembelajaran. (ips2/ton)

Guru SD Negeri 02 Gombong

Author

Populer

Lainnya