Media Miniatur Rumah Rangkaian Listrik Tingkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Oleh : Dasniti S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, IPA adalah pelajaran yang penting karena ilmunya dapat diterapkan secara langsung dalam masyarakat. Menurut Srini M Iskandar (1997:16) beberapa alasan pentingnya mata pelajaran IPA yaitu, IPA berguna bagi kehidupan atau pekerjaan anak di kemudian hari, bagian kebudayaan bangsa, melatih anak berpikir kritis, dan mempunyai nilai-nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi dapat membentuk pribadi anak secara keseluruhan.

Pendidikan IPA seharusnya dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran di sekolah mengingat pentingnya pelajaran tersebut seperti yang telah diungkapkan di atas. Pembelajaran IPA dikatakan berhasil apabila semua tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang memiliki hasil belajar IPA yang rendah karena belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan. Hal ini karena minat dan aktivitas siswa yang rendah dalam proses pembelajaran IPA akibatnya hasil belajarnyapun rendah.

Dalam proses pembelajaran IPA, media pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam mendukung setiap proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa sehingga siswa dapat dengan mudah memahami dan menangkap materi yang dipelajari.
Untuk itu, dalam materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel pada siswa kelas 6 SD, penulis menggunakan media Miniatur Rumah Rangkaian Listrik.

Baca juga:   Tingkatkan Semangat Belajar Mandiri Peserta Didik di Masa Pandemi dengan Metode Barmatteli

Miniatur menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah tiruan sesuatu yang berukuran lebih kecil dari pada yang ditiru. Pada dasarnya miniatur biasa digunakan untuk membantu seseorang dalam merancang bangunan atau objek yang akan dibuat dalam ukuran yang besar. Menurut Rifai204 “Rumah adalah tempat berlindung dan beristirahat serta tempat berkumpul bagi keluarga”.
Berdasarkan paparan tersebut maka media miniatur rumah rangkaian listrik adalah suatu tiruan rumah dan di dalamnya dipasang berbagai rangkaian listrik yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

Pengembangan media Miniatur Rumah Listrik disesuaikan dengan kurikulum, kompetensi dasar, serta indikatornya.

Keunggulan media Miniatur Rumah Rangkaian Listrik adalah siswa diberi kebebasan untuk berkreasi dalam membuat miniatur rumah. Selain itu siswa juga memperoleh pengalaman praktik langsung membuat rangkaian listrik sederhana sehingga memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu alat dan bahan yang digunakan untuk membuat Miniatur Rumah Rangkaian Listrik mudah didapatkan.

Secara garis besar, pembuatan Miniatur Rumah Rangkaian Listrik yang pertama adalah menggambar pola pada papan triplek atau kardus. Setelah itu memotong pola kemudian merangkai pola menjadi bentuk miniatur, mewarnai miniatur dan menghias miniatur. Setelah miniatur rumah selesai langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian listrik sederhana berupa rangkaian seri dan paralel.

Baca juga:   Pengaruh Gaji Terhadap Passion dan Expertise Guru

Penggunaan Miniatur Rumah Rangkaian Listrik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik seri dan paralel di kelas VI SD Negeri Selokarto 01. Hal ini terlihat pada ketuntasan nilai belajar siswa sebanyak 80 persen.

Peran guru dalam menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan materi IPA yang diajarkan sangat penting guna meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Media pembelajarannya juga dapat memotovasi siswa untuk meningkatkan rasa ingin tahu mereka tentang pembelajaran IPA dan dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran. (rs1/ida)

Guru SDN Selokarto 01, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya