Mencetak Presenter Muda dengan Pembelajaran Inovatif Writing Report-PjBL

Oleh : Arziska Retorika, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Inovatif Writing Report-PjBL adalah singkatan dari Pembelajaran Inovatif Writing Report dengan metode Project Based Learning. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang mampu mengarahkan peserta didik untuk memiliki kecakapan abad 21. Kecakapan abad 21 terdiri dari 4 kecakapan yang diharapkan dikuasai oleh generasi masa depan yang dikenal dengan 4C (Collaborative, Critical, Communication, Creative).

Pembelajaran inovatif dilaksanakan secara kolaboratif sehingga mampu membentuk peserta didik yang berfikir kritis, berkomunikasi secara aktif dan mewujudkan ide yang kreatif dalam menyelesaikan masalah dan menemukan solusinya.

Pembelajaran inovatif Bahasa Inggris materi Writing Report di kelas XII SMK dengan metode Project Based Learning merupakan metode pengajaran yang mengikutsertakan peserta didik ke dalam pembelajaran pengetahuan dan praktik menulis laporan berdasarkan project yang dilaksanakan, kemudian mempresentasikan hasil laporan dalam bentuk video.

Peserta didik diarahkan untuk mengendalikan belajarnya sendiri, mulai dari pengidentifikasian masalah yang akan dijadikan proyek sampai dengan mengevaluasi hasil proyek dilaksanakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembelajaran inovatif Writing Report dengan metode Project Based Learning. Langkah pertama adalah penentuan proyek, dalam langkah ini guru mengarahkan peserta didik untuk observasi di lingkungan sekitar, peserta didik mengamati dan menuliskan hasil pengamatan dalam buku serta berdiskusi dengan orang di sekitarnya.

Peserta didik berkelompok untuk mengidentifikasi permasalahan dalam observasi yang dilaksanakan dan saling berkolaborasi untuk menentukan proyek laporan yang akan dibuat. Hasil dari observasi lingkungan sekitar akan disusun sebuah proyek Writing Report oleh peserta didik SMK Negeri 1 Warungasem Batang yang nantinya akan dipresentasikan.

Baca juga:   Guru Membuat Video Pembelajaran Inovatif melalui IHT

Langkah yang kedua, peserta didik merancang penyelesaian proyek yang akan dibuat. Guru memberikan pengarahan rancangan yaitu judul proyek laporan, perencanaan dan persiapan observasi dan wawancara, menentukan tempat untuk observasi dan merancang pertanyaan untuk wawancara. Dalam langkah kedua ini peserta didik diharapkan mampu berkreasi dan berinovasi dengan kreatifitas masing-masing menggunakan literasi dari buku dan internet.

Hasil rancangan perencanaan proyek dikonsultasikan dengan guru. Hasil rancangan proyek Writing Report di kelas XII SMK Negeri 1 Warunggasem Batang diberi judul yang menarik untuk bahan menarik sebagai presenter.

Langkah ketiga adalah menyusun jadwal pelaksanaan proyek Writing Report. Langkah keempat adalah penyelesaian proyek Writing Report dengan fasilitasi dan monitoring guru. Peserta didik menyelesaikan proyek Writing Report sesuai dengan jadwal yang telah disusun dan guru menfasilitasi serta memonitor kegiatan proyek peserta didik. Dalam penyelesaian proyek Writing Report, peserta didik sangat ceria, tekun, aktif dan penuh motivasi.

Langkah kelima adalah penyusunan laporan dan presentasi, peserta didik menyusun laporan proyek dengan pengarahan guru. Dalam presentasi hasil proyek, peserta didik di kelas XII SMK Negeri 1 Warungasem Batang menyusun video menyampaikan hasil Writing Report seperti layaknya seorang presenter muda yang sedang menyampaikan hasil berita.

Baca juga:   Stiker Bintang Dongkrak Semangat Belajar Teorema Phytagoras

Langkah keenam adalah evaluasi proses dan hasil proyek. Guru mengevaluasi proses pelaksanaan dan hasil proyek Writing Report yang telah dilaksanakan, peserta didik menyampaikan rencana super untuk pengembangan strategi dalam menulis laporan dan mempresentasikannya sebagai modal seorang Presenter muda yang sukses.

Kelebihan pembelajaran Inovatif Writing Report-PjBL adalah pertama meningkatkan motivasi dan aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan proyek. Kedua meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam mencari jawaban untuk memecahkan masalah. Ketiga meningkatkan kecakapan kolaboratif.

Keempat meningkatkan keterampilan mengorganisasi proyek untuk dituliskan dalam laporan dan mempresentasikannya. Sedangkan kekurangan pembelajaran inovatif Writing Report -PjBL adalah pertama waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran minimal 3 pertemuan, kedua guru harus cakap dan mampu mengarahkan peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dan imajinasi dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Namun kelebihan dan kekurangan pembelajaran Inovatif Writing Report-PjBL ini telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar dan mencetak Presenter muda yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan kemampuan menulis dan berkomunikasi peserta didik SMK Negeri 1 Warungasem Batang. Belajar Writing Report menjadi luar biasa dan spektakuler, seakan peserta didik berada di stasiun televisi yang sedang menyampaikan berita dalam Breaking News. Mari pembaca kita menerapkan pembelajaran Inovatif Writing Report-PjBL dalam pembelajaran kita di sekolah guna meningkatkan aktivitas belajar dan mencetak Presenter muda yang kreatif inovatif. (rs2/zal)

Guru SMKN 1 Warungasem, Batang

Author

Populer

Lainnya