Tingkatkan Kompetensi Gerak Spesifik Renang Gaya Dada dengan Gaya Komando

Oleh : Eva Mestonariyah, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENURUT Ega Trisna R dalam Ujang Sanjaya (2016: 15), metode adalah prosedur atau operasi untuk mencapai suatu tujuan hubungan antara sesuatu jenis metode, proses belajar mengajar yaitu pemilihan dan penetapan metode pembelajaran sebelum proses itu dilaksanakan tujuannya untuk memberikan gambaran mendasar dari suatu metode untuk dipertimbangkan, dipilih dan ditetapkan dalam proses pembelajaran. “model pembelajaran gaya komando adalah pendekatan mengajar yang bergantung pada guru.

Tujuannya adalah penampilan yang cermat dan guru menyiapkan semua aspek pengajaran sepenuhnya bertanggung jawab terhadap pengajaran dan memantau kemajuan besar dari perkembangan siswanya. Pada dasarnya komando ini ditandai dengan penjelasan demonstasi dan latihan gaya ini di mulai dengan penjelasan teknik baku, dan mencontohkan kemudian siswa melakukan berulang kali”. Mengajar dengan gaya komando sangat bergantung pada inisiatif dan kreatifitas guru dalam menyajikan materi pelajaran.

Hal yang terpenting dalam komando adalah penjelasan harus di sampaikan dengan singkat dan langsung bertujuan pada tekanannya adalah pemberian kesempatan kepada siswa untuk berlatih sebanyak mungkin. Peran guru pada pembelajaran sangat dominan, yaitu sebagai pembuat keputusan pada semua tahap, karena tahap perancangan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi sepenuhnya dilakukan oleh guru.

Baca juga:   Mudah Pahami Operasi Hitung Campuran dengan Metode Drill

Sedangkan peserta didik atau siswa hanya berperan sebagai pelaku atau pelaksana saja yang sepenuhnya harus tunduk terhadap pengarahan, penjelasan dan segala perintah dari guru. Esensi dari gaya komando adalah adanya hubungan yang cepat antara stimulus guru dan respon murid. Stimulus berupa tanda yang diberikan guru, akan mengawali setiap gerakan peseta didik dalam menampilkan gerakan sesuai dengan contoh dari guru.

Pemilihan model pembelajaran gaya komando pada gerak spesifik renang gaya dada di Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi dengan pertimbangan keselamatan peserta didik di kolam renang merupakan hal yang utama mengingat kegiatan pembelajaran di kolam renang sangat rawan terjadi kecelakaan.

Langkah-langkah model pembelajaran gaya komando di Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi dalam gerak spesifik renang gaya dada sebagai berikut : revieuw previously learned material (pada fase ini guru berperan dalam menjelaskan tujuan pembelajaran gerak spesifik renang gaya dada, materi prasyarat, memotivasi siswa dan mempersiapkan siswa), presenting new content skill (pada fase ini guru berperan dalam mendemostrasikan keterampilan atau menyajikan informasi tahap demi tahap gerak spesifik renang gaya dada), initial student practice (pada fase ini guru memberikan latihan terbimbing gerak spesifik renang gaya dada), feedback and correctives (pada fase ini seorang guru berperan dalam mengecek kemampuan siswa seperti memberi kuis gerak spesifik renang gaya dada dan memberi umpan balik seperti membuka diskusi untuk siswa) dan independent practice (pada fase ini guru berperan dalam mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep gerak spesifik renang gaya dada yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari).

Baca juga:   Tabel dapat Menyelesaikan Permasalahan Perbandingan

Penggunaan model pembelajaran gaya komando sangat tepat diterapkan pada materi gerak spesifik renang gaya dada di Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi karena sesuai dengan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, dan keselamatan peserta didik di kolam renang. Penggunaan model pembelajaran gaya komando dapat meningkatkan kompetensi gerak spesifik renang gaya dada di Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan. (ips3/zal)

Guru SMPN 2 Sragi, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya