Whiteboard Animation Solusi Sulitnya Pembelajaran Perkembangbiakan Tumbuhan

Oleh : Wahyuningsih, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi masih dominan dengan cara-cara yang kovensional. Metode pemberian tugas masih kerap dilakukan. Bukan hanya itu, minimnya kemampuan TIK guru dan kreativitas yang rendah dari guru juga terjadi dalam pembelajaran selama pandemi. Hal tersebut yang menjadikan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran muatan IPA rendah.

Siswa sebatas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru tanpa memahami materi pembelajaran. Pada pembelajaran muatan IPA materi Perkembangbiakan Tumbuhan di kelas VI SDN Ngawonggo 1 Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang belum menunjukkan adanya minat belajar yang tinggi.

Perlu strategi yang tepat untuk memantik minat belajar siswa dalam materi ini. Penulis mencoba memanfaatkan whiteboard animation dalam pembelajaran pada materi ini. Cara ini diyakini akan dapat menumbuhkan minat belajar siswa sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Whiteboard animation adalah sebuah media animasi menggambar berbasis komputer yang isinya menuangkan ide-ide pembelajaran atau informasi yang dapat menarik perhatian siswa sebagai penerima pesan. Proses pembuatannya dapat menggunakan berbagai macam aplikasi antara lain powtoon, videoscribe sparkol, animaker, sketch pro dan lain-lain. Whiteboard animation (animasi papan tulis) yakni seorang seniman membuat sketsa gambar dan teks di atas papan tulis, atau mungkin kertas atau kanvas, untuk menggambarkan sebuah skrip tertentu atau narasi (Darmawan, 2014:4).

Baca juga:   Tanamkan Karakter Cinta Lingkungan Siswa

Wikipedia menyatakan whiteboard animation is a process where a creative story dan storyboard with pictures is drawn on a whiteboard (or something that resembles a whiteboard) by artists who record themselves in the process of their artwork.

Whiteboard animation adalah suatu proses dimana sebuah cerita kreatif dan cuplikan-cuplikan gambar yang digambarkan pada sebuah papan tulis atau benda lainnya yang menyerupai papan tulis oleh seorang penyusun yang merekam dirinya sendiri dalam proses penyusunan kreativitasnya.

Adapun langkah-langkah pembuatan whiteboard animation adalah sebagai berikut: pertama, penyusunan garis-garis besar isi media (GBIM). Pada GBIM tergambar indikator apa yang diharapkan, topik-topik apa saja yang harus disampaikan. Dan media-media atau aset-aset apa saja yang akan digunakan untuk membantu menjelaskan materi-materi tersebut.

Kedua, jabaran materi (JM). Jabaran materi merupakan isi materi dari sebuah media pembelajaran dan juga merupakan pengembangan dari penyusunan GBIM. Ketiga, naskah media pembelajaran. Naskah program media merupakan bentuk penyajian materi instruksional berupa teks, gambar, dan suara serta sebagai penuntun dalam memproduksi program media.

Baca juga:   Pembelajaran HOTS dengan Penerapan Inquiry Learning

Dalam artian naskah tersebut menjadi penuntun kita dalam merekam suara, memadukan gambar dan suara, memasukkan musik dan FX (effect) sehingga menarik serta mudah diterima. Keempat, penyusunan aset visual/video, dan aset audio. Aset-aset yang akan digunakan dalam media whiteboard animasi berbasis powtoon diusahakan yang sifatnya freeware dan shareware.

Praktik dan penerapan pemanfaatan media pembelajaran whiteboard animation di kelas VI SDN Ngawonggo 1 adalah siswa diberikan link video pembelajaran yang sebelumnya telah diunggah di kanal YouTube terlebih dahulu. Penyajian video animasi yang menarik membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga akan lebih mudah mengajak siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran.

Cara ini dapat menfasilitasi berbagi jenis cara belajar siswa. Alangkah baiknya jika guru memanfaatkan whiteboard animation untuk materi yang lain dalam mematik minat dan semangat belajar siswa di saat pandemi seperti sekarang ini. Pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan pemahaman akan materi pelajaran yang guru ajarkan. (ms1/lis)

Guru SDN Ngawonggo 1, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya