Demo Tugas Meningkatkan Kemampuan Dribble Bola Basket

Oleh : Azis Mushofa, S.Pd.M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Olahraga merupakan sarana untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Dengan olahraga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam masing-masing cabang olahraga, misalnya olahraga bola basket. Olahraga bola basket memerlukan teknik dasar yang baik agar bisa memberikan hasil yang baik dalam suatu pola permainan. Ada beberapa teknik dasar dalam permainan bola basket, yaitu dribble, shooting, catching, pivot, jump stop, rebound, dan lay up. Teknik dasar itu harus dikuasai oleh pemain bola basket.

Dari hasil pengamatan penulis ternyata prestasi belajar dribble bola basket selama ini ternyata masih rendah . Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Metode yang dipakai masih monoton dan kurang memberikan gambaran yang jelas karena lebih banyak berupa teori. Selain itu guru juga belum mengoptimalkan keterlibatan siswa.

Model pembelajaran pendidikan jasmani yang terpusat pada guru harus segera diubah sehingga siswa lebih aktif. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan anak, isi dan urusan materi serta cara penyampaian harus disesuaikan sehingga menarik dan menyenangkan. Sasaran pembelajaran ditujukan bukan hanya mengembangkan keterampilan olahraga, tetapi pada perkembangan pribadi anak seutuhnya. Salah satu cara mengatasi rendahnya prestasi dribble bola basket siswa adalah guru mengajar menggunakan metode demo tugas.

Baca juga:   Harapan Guru BK Menuju Pembelajaran Tapka

Metode demo tugas dalam mengajar dribble bola basket yang dimaksud di sini adalah guru mengajar menggunakan metode demonstrasi dan disertai dengan pemberian tugas . Metode demonstrasi adalah model pembelajaran menarik yang memperlihatkan kepada siswa tentang suatu proses atau cara melakukan sesuatu dengan nyata.

Cara penyajian metode demonstrasi dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik sebenarnya ataupun tiruan, yang disertai dengan penjelasan lisan (Ferawati, 2018). Adapun pengertian metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswa untuk melakukan pekerjaan.

Dalam pembelajaran teknik dasar dribble bola basket dengan metode demo tugas di SMPN 1 Candimulyo, Kabupaten Magelang pertama guru mempertunjukkan teknik dribble bola basket. Teknik dribble dalam permainan bola basket yaitu : dribble dilakukan dengan kekuatan dari siku, pergelangan tangan, jari-jari, dan sedikit bantuan dari bahu. Jadi, harus selalu rileks namun tegas menekan bola. Pada saat melakukan dribbling dengan jari-jari, telapak tangan dan pergelangan tangan melakukan gerakan fleksi dan ekstensi dalam memantulkan bola.

Baca juga:   Tanam Hidroponik Membangkitkan Minat Belajar Siswa Daring

Prinsip dalam mengajarkan teknik dribble antara lain kontrol pada jari-jari tangan, mempertahankan tubuh tetap rendah, kepala tegak, melatih tangan yang lain, pemain perlu untuk belajar dribble menggunakan tangan yang lain dan lindungi bola. Dengan menunjukkan cara mendribble bola maka seluruh kelas akan lebih mudah menyerap teori sekaligus praktik dalam melaksanakan teknik dribble bola basket dengan baik.

Selanjutnya siswa melakukan demonstrasi pada praktik pembelajaran sedangkan guru hanya sebagai fasilitator yang membantu siswa menghubungkan antara pengetahuan yang sedang dipelajarinya dengan penerapannya dengan cara didemonstrasikan.

Selanjutnya siswa diberi tugas secara kelompok untuk mempraktikkan teknik dribble. Di akhir pembelajaran siswa mendemostrasikan gerakan dribble bola basket satu per satu. Dengan demikian melalui metode pembelajaran demo tugas (demonstrasi dan pemberian tugas) siswa menjadi paham dan lebih aktif dan dalam pembelajaran. Harapan dari penulis dengan berhasilnya proses pembelajaran olahraga akan mendidik generasi bangsa yang sehat kuat serta tangguh meraih cita-citanya. (pm1/lis)

Guru Penjasorkes SMPN 1 Candimulyo, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya