Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Puisi

Oleh : Wahyu Megawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Waluyo (2013) menyatakan puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi rima dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). Pelajaran tentang puisi tidak hanya terdapat dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tetapi juga mata pelajaran bahasa Inggris. Puisi diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih bersemangat mempelajari bahasa Inggris.

Pengajaran puisi bahasa Inggris bagi siswa kelas 8 SMP Negeri 23 Semarang pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021 menerapkan beberapa proses. Proses tersebut antara lain membaca puisi karya guru,siswa mencari kosakata sulit yang terdapat pada puisi karya guru,siswa membuat puisi,siswa membaca satu puisi karya temannya dan mencari kosa kata yang sulit pada puisi karya temannya.

Pada proses membaca puisi akan semakin memperkuat ingatan siswa terhadap kosa kata yang sudah mereka ketahui artinya. Selain itu siswa mengetahui bagaimana menggunakan kosakata bahasa Inggris tersebut untuk mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan mereka. Sehingga tingkat pengetahuan siswa tidak hanya terbatas pada menghafal arti kata dalam bahasa Inggris tetapi juga mampu menggunakan kata-kata tersebut untuk berkomunikasi.

Baca juga:   Si Kammi Tumbuhkan Rasa Senang Bahasa Inggris di Masa Pandemi-Covid-19

Membaca puisi merupakan kegiatan yang digemari oleh siswa. Hal ini terbukti dengan antusiasme siswa saat membaca dan mendengarkan puisi. Ketika menemui kosakata yang belum diketahui artinya mereka akan lebih bersemangat untuk berusaha mengetahui arti dari kata tersebut karena rasa penasaran dan ingin memahami apa isi dari puisi tersebut. Oleh karena itu proses membaca puisi dapat meningkatkan minat siswa untuk mempelajari kosa kata bahasa Inggris yang belum mereka pahami artinya.

Proses menulis puisi memerlukan waktu yang lebih lama bagi siswa. Karena siswa harus berpikir minimal dua kali sebelum akhirnya menghasilkan sebuah puisi berbahasa Inggris yang indah. Pertama, siswa harus mampu memilih kosakata yang tepat untuk kemudian dirangkai menjadi kalimat yang bermakna. Kedua, siswa harus menyusun kalimat kalimat tersebut menjadi rangkaian antarkalimat yang mampu menghasilkan sebuah puisi yang syarat dengan makna. Pada saat proses menulis sebuah puisi tentu siswa menemui lebih banyak kesulitan. Siswa sering kali kesulitan menemukan bahasa Inggris dari kosakata tertentu yang ingin dipakai dalam puisi tersebut.

Dalam proses menulis ini, siswa dilatih untuk menggunakan lebih banyak kosakata bahasa Inggris baik yang sudah diketahui maupun yang belum diketahui. Dalam memakai kosakata tersebut siswa juga harus bisa menentukan, kosakata yang paling tepat untuk puisinya. Sebagai contoh, untuk mengungkapkan kekaguman, siswa tidak hanya bisa menggunakan kata amazing tapi juga kosakata lain untuk mengungkapkan sebuah kekaguman seperti unbelievable, great, atau wonderfull.

Baca juga:   Penerapan Silent Demonstration dalam Pembelajaran Procedure Text

Maka dapat disimpulkan bahwa lewat puisi atau poem dalam bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris. Karena lewat membaca puisi siswa akan semakin memperkuat hafalan mereka terhadap kosakata yang sudah diketahui. Serta mempunyai pemahaman yang lebih untuk menggunakan kosakata tersebut dalam mengungkapkan perasaan mereka, dan bersemangat untuk mengetahui arti dari kosakata bahasa Inggris tertentu supaya dapat memahami makna dan isi dari puisi.

Sedangkan dalam proses menulis puisi, siswa akan semakin termotivasi untuk menemukan kosakata bahasa Inggris yang akan mereka gunakan untuk menulis sebuah kalimat. Kemudian disusun menjadi puisi yang indah dan bermakna. (ips1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 23 Semarang

Author

Populer

Lainnya