Belajar Stoikiometri di Era PJJ Lebih Mudah dengan Camtasia

Oleh : Iin Retno Utami, S.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Stoikiometri adalah ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia. Di kelas X materi yang akan dipelajari dalam stoikiometri meliputi hukum-hukum dasar kimia, konsep mol, kadar, rumus empiris-rumus molekul, perhitungan kimia sederhana, pereaksi pembatas dan senyawa hidrat. Stoikiometri masih dianggap sebagai materi yang sulit dipelajari. Karena banyak rumus yang bisa diaplikasikan.

Mulai tanggal 16 Maret 2020 pembelajaran jarak jauh telah diterapkan di Jawa-Bali. Pembelajaran jarak jauh menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru harus memikirkan bagaimana siswa dengan gaya belajar yang berbeda tetap bisa menerima pembelajaran walapaupun tidak dapat bertatap muka.

Menurut Hamzah B.Uno (2006: 181-182) gaya belajar dapat dibedakan menjadi tiga macam. Yaitu gaya belajar visual (visual learners), yaitu gaya belajar yang lebih banyak memanfaatkan penglihatan sebagai cara belajar yang disukainya; gaya belajar auditory learners yaitu gaya belajar yang memanfaatkan kemampuan pendengarannya sebagai cara belajar yang disukainya; gaya belajar tactual learners, yaitu gaya belajar yang harus menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar kita bisa mengingatnya.

Dalam belajar materi stoikiometri, siswa dengan gaya belajar visual dan auditory di era PJJ ini akan lebih mudah belajar dengan media video. Untuk mendapatkan video pembelajaran yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki, baik dari segi waktu dan materi tidaklah mudah. Maka akan lebih mudah bagi kita untuk membuat video pembelajaran sendiri. Ada banyak aplikasi pembuatan video, salah satunya yang sederhana dan mudah diaplikasikan adalah camtasia.

Baca juga:   Pendekatan Realistic Mathematic Education dalam Belajar Volume Kubus

Dengan camtasia guru bisa menerangkan seperti ketika menerangkan di papan tulis kelas. Guru menuliskan materi yang akan diterangkan pada papan tulis kecil dan ambil gambarnya. Kemudian gambar tersebut dibuka pada layar laptop. Setelah itu buka aplikasi camtasia, guru mulai menerangkan gambar yang sudah dibuka tersebut dan merekamnya dengan camtasia. Untuk anak dengan gaya belajar visual dan auditory pemakaian video ini akan sangat membantu mereka untuk memahami materi stoikiometri.

Video pembelajaran pada materi stoikiometri ini dibuat menjadi beberapa potongan video. Yaitu hukum-hukum dasar kimia, konsep mol, rumus empiris-rumus molekul, stoikiometri sederhana, pereaksi pembatas dan senyawa hidrat. Di SMA Negeri 1 Muntilan selama masa PJJ menggunakan LMS Schoology. Pada LMS Schoology di setiap jam pembelajaran terdapat file petunjuk KBM, file rangkuman materi, file video pembelajaran dan file diskusi.

Ketika masuk jam KBM kimia peserta didik yang pertama harus membuka petunjuk KBM agar tahu langkah-langkah KBM yang harus dilakukan. Setelah itu membuka video atau rangkuman materi, tergantung petunjuknya mana yang diminta terlebih dahulu. Pada forum diskusi siswa dapat bertanya kepada teman atau kepada guru mana yang belum dipahami.

Baca juga:   Ancaman Kesehatan bagi Siswa selama PJJ

Guru akan memberikan beberapa soal untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang kita berikan berupa video dan rangkuman materinya.

Setelah menggunakan video pembelajaran yang dibuat dengan camtasia, sangat terlihat perbedaaannya. Sebelum menggunakan video pembelajaran dengan camtasia banyak anak bertanya tentang materi-materi yang belum dipahami, setelah penulis menggunakan video dengan camtasia ini anak jarang bertanya.

Dan ketika diberikan beberapa soal anak-anak akan aktif untuk mengerjakan dan menyampaikan hasil pekerjaannya. Siswa pun terlihat lebih antusias dalam belajar. Hal ini bisa dilihat dengan keaktifan mereka dalam mengirim jawaban soal-soal yang saya berikan. Perbedaan juga terlihat dari nilai yang didapat oleh siswa, baik nilai tugas maupun nilai yang diperoleh saat penilaian harian. (fkp1/lis)

Guru Kimia SMA Negeri 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya