Strategi Pembelajaran Online IPS Tingkatkan Efektivitas Belajar Siswa

Oleh: Yanti Agustina, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEJAK merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya adalah melalui surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di sekolah-sekolah.

Melalui surat edaran tersebut pihak Kemendikbud memberikan instruksi kepada sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan siswa untuk belajar dari rumah masing-masing. Akibat wabah pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19) telah menyebabkan beragam kepanikan, salah satunya diranah pendidikan.

Sekolah harus merumahkan guru dan siswa.Sekolah yang normalnya lebih banyak dilakukan dengan tatap muka di kelas harus berubah format menjadi pembelajaran daring (online).

Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masih dilakukan di semua jenjang pendidikan akibat pandemi covid-19 termasuk di pendidikan SMPN 15 Surakarta. Strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (Kemp, 1995).

Dalam hal ini sangat penting strategi guru dalam proses pembelajaran online tidak lepas dari munculnya berbagai hambatan yang di rasakan oleh siswa. Terlebih lagi pada mata pelajaran IPS Terpadu yang mana mata pelajaran tersebut sudah di kenal sebagai mata pelajaran yang banyak mengandung teori dan cerita. Di SMPN 15 Surakarta memiliki latar belakang siswa yang aktif dan kritis, apalagi pada generasi milenial sekarang ini kebanyakan siswa yang ingin serba instan.

Baca juga:   Belajar Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Lebih Mudah dengan Video

Jadi sebagai guru, diharapkan menguasai berbagai macam strategi atau teknik dalam mengajar di dalam kelas demi keadaan pembelajaran yang efektif. Sebagian siswa di SMPN 15 Surakarta sering ramai di dalam kelas, faktor tersebut bisa dipicu karena siswa mudah bosan. Maka dari itu sangat diperlukan strategi dari guru yang bervariasi agar siswa tidak mudah bosan dan bisa menciptakan suasana yang efektif dalam pembelajaran di dalam kelas.

Pembelajaran online pada pelaksanaannya membutuhkan dukungan perangkat-perangkat mobile seperti telepon pintar, tablet dan laptop yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja.

Penggunaan teknologi mobile memiliki kontribusi besar di dunia pendidikan, termasuk di dalamnya adalah pencapaian tujuan pembelajaran jarak jauh. Salah satu media pembelajaran yang sedang berkembang saat ini adalah media audio visual. Selain itu, media audio visual sebagai sumber belajar dapat memberikan pilihan dalam menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa.

Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan verbal dan non verbal yang mengandalkan baik penglihatan maupun pendengaran. Beberapa contoh media audio visual adalah film, Video, program TV dan lain-lain.

Baca juga:   Media Sosial sebagai Solusi di Tengah Pandemi Covid-19

Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Pembelajaran Untuk menggunakan media, seharusnya dilakukan perencanaan yang sistematik. Perlu diingat pula bahwa media pembelajaran digunakan bila media itu mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang disampaikan. Langkah-langkah penting dalam penggunaan media yaitu: 1;Mempelajari petunjuk penggunaan media, terutama bila dibutuhkan perangkat keras seperti berbagai jenis pesawat proyektor (media elektronik). Periksalah voltase alat untuk disesuaikan dengan listrik setempat, sebelum menghidupkan alat. Setelah itu, ikuti petunjuk-petunjuk khusus tiap alat, 2;Semua peralatan yang akan digunakan perlu disiapkan sebelumnya, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran tidak akan terganggu oleh hal-hal yang bersifat teknis.

Bagaimanapun kita tetap berharap bisa melaksanakan KBM dengan tatap muka, karena lebih bisa berkomunikasi secara langsung. Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kehidupan sekolah bisa kembali normal. (rs2/zal)

Guru SMPN 15 Surakarta

Author

Populer

Lainnya