Prokes, Tantangan Uji Coba PTM Terbatas

Oleh : Drs. Nur Sa’idu, M.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pemberlakuan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi (Covid-19) tanggal 30 Maret 2021, menyatakan tiap sekolah wajib memberikan layanan belajar tatap muka terbatas setelah seluruh pendidik dan tenaga kependidikan menerima vaksin Covid-19.

Pelaksanaan PTM terbatas di sekolah/madrasah ini masih menjadi pembicaraan di masyarakat. Masyarakat masih mempertanyakan tentang efektifitas penerapan protokol kesehatan di sekolah/madrasah, mengingat sifat anak-anak yang belum sepenuhnya memahami betapa pentingnya prokes sebagai perlindungan dari wabah. Hal inlah yang menjadikan orang tua merasa khawatir pelaksanaan PTM terbatas akan menimbulkan munculnya penyebaran covid-19 pada anak-anak mereka.

PTM terbatas juga memiliki tantangan risiko yang sangat besar juga seperti isu kesehatan saat ini. Banyak kajian mengungkap bahwa terdapat hubungan erat antara kesehatan dan pendidikan. Kesehatan yang baik mendukung keberhasilan pembelajaran, begitupun sebaliknya.

Upaya promosi kesehatan sebuah negara menjadi salah satu tolak ukur tentang sejauh mana investasi pemerintah dalam pendidikan memberikan manfaat yang cukup besar dalam memahamkan arti penting kesehatan (World Health Organisation, 2000).

Baca juga:   PhET Simulation Mempermudah PJJ Rangkaian Arus Searah

Sebagai institusi, sekolah/madrasah memegang peranan penting dalam mengimplementasikan nilai-nila kesehatan anak melalui aktivititas guru dalam aktivitas belajar mengajar tentang Konsep mengenai kesehatan tidak cukup hanya ditanamkan melalui pembiasaan sikap hidup bersih, namun perlu menjadi bagian integratif dengan kurikulum sekolah.

Kurikulum kesehatan sekolah tidak sekadar menekankan penyampaian informasi kesehatan fungsional (pengetahuan dasar dan esensial). Kurikulum juga harus mampu membentuk nilai dan kepercayaan pribadi yang mendukung perilaku sehat, dan mengimbas pada norma kelompok yang menghargai gaya hidup sehat.

Lantas bagaimana kesiapan sekolah/madrasah dalam menyikapi pelaksanaan PTM terbatas?. Kebijakan PTM sekolah/madrasah harus mengacu pada SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi (Covid-19), serta menyediakan lingkungan sekolah yang mendukung pelayanan kesehatan siswa dan warga sekolah. Di sisi lain, manajemen sekolah harus memaksimalkan unit khusus yang melayani kesehatan sekolah (UKS) dengan baik, tidak sekadar menjalankan peran pencegahan, namun juga promotifnya tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan slogan-slogan pentingnya kesehatan bagi siswa.

Sekolah juga perlu berfokus pada pencapaian pendidikan kecakapan hidup mengenai kesehatan, untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa tentang kesehatanya.

Baca juga:   Supervisi PJJ, Tugas Penting Masa Pandemi Covid-19

Dalam pelaksanaan PTM terbatas sekolah/madrasah, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah/madrasah : Pertama, keterlibatan peran aktif semua pemangku kepentingan dalam pendidikan dalam penerapan prokes , seperti guru, siswa, orang tua, dan masyarakat, secara aktif terlibat dalam mempromosikan pentingya kesehatan di lingkungan sekolah. Kedua, komitmen sekolah menyediakan lingkungan sekolah sehat dan aman termasuk fasilitas pembelajaran, sanitasi fisik, iklim kepedulian, kebebasan dari pelecehan dan kekerasan, perawatan, kepercayaan, suasana saling menghormati dan upaya promosi kesehatan. Ketiga, menyediakan muatan kurikulum pendidikan kesehatan berbasis keterampilan, yang bisa meningkatkan pemahaman siswa tentang kesehatan dalam perilaku sehari-hari serta membangun pembiasaan terhadap upaya pencegahan penyakit berbasis kepedulian antar sesama siswa. Keempat, Memberikan kemudahan akses layanan kesehatan kesehetan baik internal (skrining kesehatan, diagnosis, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan, vaksinasi, dan lain sebagainya) maupun ekternal sekolah dengan kemitraan (lembaga kesehatan/dinas kesehatan) setempat. (ra2/ton)

Pengawas Madrasah Kec. Bringin Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya