Pembelajaran IPS Lebih Asyik dengan Quizizz

Oleh : Tri Widiyanti, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang belum berakhir memberikan beberapa pilihan metode pembelajaran. Salah satunya dilaksanakan dengan jarak jauh atau yang biasa disebut pembelajaran daring atau dalam jaringan internet.

Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi di antaranya sway, zoom, google meet, video call, juga melalui aplikasi teams untuk melakukan komunikasi secara virtual kepada peserta didik.

Dengan berbagai aplikasi, tentu tidak lepas dari sarana dan prasarana yang mendukung, seperti ketersediaan gadget atau gawai, kuota, adanya sinyal. Sehingga diharapkan dengan sarana yang memadai, aplikasi yang mendukung dan mudah diikuti oleh peserta didik, pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Seperti yang dilakukan di kelas 6 SDN Payaman 1 Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Selama kurang lebih 3 semester terakhir pembelajaran dilakukan secara daring maupun luring. Baik menggunakan media gadget atau gawai, maupun melalui sarana televisi dan radio.

Pada semester satu tahun 2021/2022 kelas 6 SDN Payaman 1 yang berjumlah 20 siswa, pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema Keanekaragaman hewan dan tumbuhan terdapat materi yang cukup luas yaitu tentang ASEAN.

Sehingga guru menyampaikan materi menggunakan power point yang ditampilkan melalui google meet, evaluasi dilakukan dengan aplikasi google form yang mudah dikerjakan oleh siswa dari rumah. Meski demikian beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi ASEAN dan cenderung merasa jenuh dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Sehingga guru menggunakan strategi menggunakan Quizizz.

Baca juga:   Belajar IPS Mudah, Asik dan Kreatif melalui Brosing di Internet

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas virtual. Kuis interaktif ini dibuat dengan memiliki 4 pilihan jawaban. Termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR). Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Dengan quizizz , siswa akan merasa lebih bersemangat dan merasa tertantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Kecepatan akan ada tambahan skor atau bonus atas kecepatan dalam menjawab dan ketepatan dalam menjawab, Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati.

Baca juga:   Menumbuhkan Semangat Belajar saat Pandemi pada Anak

Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah tidak dapat mencontek sesama temannya. Karena soal yang diberikan antara siswa satu dengan lainnya diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan.

Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. Siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis. Quiziz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya serta persentase pencapaian kuis untuk seluruh siswa.

Dengan quizizz pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih bersemangat. Terpenting pembelajaran menjadi mudah diterima dan diingat oleh siswa. Hasil belajar siswa juga semakin meningkat.

Peningkatan prestasi siswa terutama pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi ASEAN menjadi pendorong untuk meningkatkan pemahaman materi lain dan pada muatan pelajaran lain. Terutama dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi seperti sekarang ini. (pm1/lis)

Guru SD Negeri Payaman 1, Kec Secang, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya