Menulis Biografi Lebih Menarik dengan Infografik

Oleh : Etnawati Sri Muljani, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, “Menulis itu gampang.” Kalimat yang sering kita baca atau dengar untuk memotivasi orang lain agar suka menulis. Bagi sebagian orang menulis bukan masalah. Bahkan mereka menikmati dunia tulis menulis dan tulisannya dapat membawa dampak besar bagi kehidupan.

Bahkan ada kata-kata bijak yang mengatakan: “Jika ingin mengenal dunia maka membacalah dan jika ingin dikenal dunia maka menulislah”. Namun bagi sebagian yang lain, menulis merupakan pekerjaan yang sulit dan membosankan.

Menulis butuh latihan. Orang harus “dipaksa” untuk memulainya, meskipun itu tulisan yang sangat sederhana. Kita bisa mulai dari diri kita sendiri, menceritakan kisah kita sendiri mulai dari lahir sampai saat ini atau bahkan berangan-angan saat kita menjadi seseorang seperti yang kita impikan.

Tulisan tentang kisah hidup seseorang dinamakan biografi. Menurut Toyidin (2013 : 292) biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Menurut KBBI, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Bisa dikatakan biografi merupakan suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata tentang seorang tokoh.

Menurut Sucipto (2014:34-39) istilah biografi berasal dari bahasa Yunani biographia. Bahasa tersebut lalu diserap ke dalam bahasa Latin dan Prancis sekitar abad ke-17. Istilah biografi merupakan gabungan dari kata bios yang berarti hidup dan graphein yang berarti menulis. Berdasarkan istilah tersebut, biografi dapat diartikan “tulisan tentang hidup”.

Baca juga:   Serunya Belajar Organ Pencernaan Hewan dan Manusia dengan Make a Match

Menulis biografi merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di kelas X SMA Negeri 2 Grabag. Agar materi ini lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa, maka menulis biografi ini disajikan melalui infografik. Kata infografik berasal dari bahasa Inggris infographic singkatan dari information graphics, yaitu cara cara penyampaian informasi atau data kompleks kepada orang lain dalam bentuk visual.

Jadi menurut asal katanya, pengertian infografik adalah suatu bentuk penyajian data atau informasi dengan konsep visual yang terdiri dari teks, grafik, tipografi, dan gambar ilustrasi yang menarik agar lebih mudah dipahami. Dikutip dari Oxford English Dictionary, infografis (atau infografik) merupakan sebuah representasi visual dari sebuah atau kumpulan data dan atau informasi.

Langkah-langkah belajar menulis biografi dengan infografik yang diajarkan di SMA Negeri 2 Grabag adalah sebagai berikut : langkah pertama, siswa diberikan materi tentang ciri-ciri dari teks biografi, seperti kata hubung rujukan kata, waktu, dan tempat.

Langkah kedua, diberikan contoh-contoh teks biografi dan struktur penyajian teks biografi yang terdiri atas : orientasi atau setting, berkaitan latar belakang kehidupan tokoh, kejadian penting, rangkaian peristiwa utama yang dialami tokoh yang disusun secara kronologis, dan reorientasi. Komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya, berisi penilaian dan kesimpulan.

Baca juga:   Menulis Mengikuti Pedoman EYD

Langkah ketiga, siswa diminta menceritakan kisah masing-masing tetapi bertindak seolah-olah dia sebagai orang ketiga tunggal. Mereka boleh berandai-andai menjadi tokoh terkenal. Misalnya selebritis, politikus, konglomerat, dan sebagainya. Selanjutnya kisah tersebut dibuat dalam bentuk infografik dilengkapi dengan gambar atau foto yang menarik sehingga memperkuat kisah sesuai teks tersebut.

Untuk memudahkan siswa dalam menulis biografi, pengenalan tokoh (siswa) berisi biodata (nama, tempat tanggal lahir, alamat, nama orang tua); kejadian/peristiwa utama (penting) yang dialami tokoh ditulis secara urut. Misal kapan dan di mana dia sekolah, lulus tahun berapa, kapan dan di mana dia bekerja, berkeluarga, prestasi yang dicapai; reorientasi, penilaian dan kesimpulan. Pada bagian ini dituliskan nilai-nilai luhur, semangat perjuangan, atau pesan moral sang tokoh yang pantas untuk diteladani pembaca.

Menulis biografi tidak selamanya membosankan. Gambar/foto yang terdapat dalam infografik memudahkan siswa dalam menuliskan biografi. Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Grabag. Khususnya menulis biografi melalui infografik menarik minat siswa dan menjadikan mereka lebih kreatif. Melalui media infografik ini diharapkan kompetensi siswa di bidang menulis semakin meningkat. (pm2/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya