Belajar Puisi melalui Video Pembelajaran Berbasis Microsoft Teams

Oleh: Aristiningsih, S.Pd.SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Penyebaran pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing. Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap diam di rumah, belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.

Akibat dari kebijakan tersebut membuat sektor pendidikan seperti sekolah menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring oleh siswa yang dapat dilakukan dari rumah.

Pergeseran pola pengajaran dari konvensional ke pola daring, menuntut guru untuk bisa mengoperasikan dan mengkombinasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta internet dalam proses pembelajaran. Hartanto (2016) mengemukakan bahwa bentuk perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah menggunakan e-learning (pembelajaran online).

Perubahan yang signifikan dan instan dalam pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar menjadi tuntutan yang tidak dapat dihindarkan. Berbagai macam perubahan harus dilakukan termasuk di dalamnya adalah pemanfaatan media video pembelajaran sebagai sarana untuk proses pembelajaran dimasa pandemi.

Untuk menghilangkan kejenuhan siswa pada saat mengikuti pembelajaran atau mengurangi dominasi guru pada setiap proses pembelajaran, maka penulis sebagai guru kelas IV SD Negeri 1 Galih pada saat menyampaikan pembelajaran materi puisi menggunakan media video pembelajaran berbasis Microsoft Teams, supaya proses pembelajaran lebih menarik, siswa menjadi lebih aktif dan antusias.

Baca juga:   Tingkatkan Kualitas Pembelajaran PPKn melalui AIR dengan Powerpoint

Strategi pembelajaran yang penulis lakukan pada saat pembelajaran membaca puisi melalui video pembelajaran berbasis microsoft teams merupakan langkah yang tepat. Yaitu dengan cara mengaplikasikan teknologi microsoft teams pada materi pembelajaran, guru bisa menampilkan gambar, video, serta membuat desain materi pembelajaran lebih menarik. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran karena pembelajaran tidak lagi monoton dan membosankan.

Langkah-langkah pembelajaran yang penulis lakukan yaitu dengan menyampaikan materi yang akan dipelajari dengan menggunakan video pembelajaran yang ditampilkan secara virtual melalui microsoft teams. Melalui video pembelajaran, siswa diminta untuk menyimak materi. Setelah para siswa menyimak materi dari video pembelajaran, guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi yang diberikan untuk mengetahui bahwa siswa sudah memahami dan mampu untuk mempratikkan.

Setelah mengikuti pembelajaran melalui media video pembelajaran berbasis microsoft teams, siswa untuk mencoba mempratikkan langsung membaca puisi secara virtual. Dengan media tersebut, guru bisa langsung menilai kekurangan maupun kelebihan para siswa saat praktik membaca puisi. Di sinilah para siswa memiliki kebanggaan tersendiri karena mereka bisa tampil secara virtual dengan disaksikan siswa lainnya sekaligus menjadi daya tarik.

Baca juga:   Belajar PKN lebih Menyenangkan dengan Time Token Arends

Dari media video pembelajaran berbasis microsoft teams, minat belajar siswa dalam belajar bahasa indonesia, salah satunya dari aspek keterampilan berbicara, yaitu membacakan puisi semakin menarik dan hasilnya meningkat. Dengan demikian, keberhasilan dalam pembelajaran daring menuntut guru mampu berinovasi merancang metode pembelajaran dan aplikasi apa yang sesuai dengan metode tersebut. Kreatifitas guru merupakan kunci sukses untuk memotivasi peserta didiknya tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran daring. (ra2/ton)

Guru Kelas SD Negeri 1 Galih, Kendal

Author

Populer

Lainnya